Iklan Baris Anda

Kolaborasi TPS – Pemkot Surabaya Atasi Pencegahan Gizi Buruk

Kolaborasi TPS - Pemkot Surabaya Atasi Pencegahan Gizi Buruk 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) nya, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) hadir pada Program Surabaya Gotong Royong “Sinergi kuat Surabaya Hebat“ yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui pendampingan bagi anak-anak penderita stunting yang ada di wilayah Kecamatan Krembangan sebanyak 11 (sebelas) anak selama 12 (dua belas) bulan.

TPS terus mempertegas komitmennya guna mendukung Pemerintah dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia. Hal tersebut penting dilakukan mengingat penanganan stunting memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Dalam menangani pencegahan gizi buruk dan stunting, TPS berkolaborasi dengan RS PHC dalam mengoptimalkan pendampingan dan pemantauan tumbuh kembang anak.
Sebagai langkah awal, 11 (sebelas) anak ini dilakukan pemeriksaan oleh ahli gizi.

Selanjutnya setiap bulan anak-anak diminta hadir ke RS PHC untuk pemberian vitamin dan susu, pemantauan perkembangan serta pendampingan dan edukasi dari ahli gizi bagi orang tua. Kudapan tinggi protein akan dikirimkan ke rumah masing-masing anak sebagai pendamping susu.

Bertempat di RS PHC Surabaya telah dilaksanakan untuk pemeriksaan kesehatan anak-anak stunting oleh ahli gizi dan edukasi gizi oleh dokter spesialis gizi klinik PHC. Para orang tua mendapatkan edukasi tentang apa saja asupan gizi yang harus dipenuhi untuk anak-anak, apa saja yang tidak diperbolehkan, sehingga benar-benar mampu memenuhi berat dan tinggi badan yang sesuai dengan usia anak.

Camat Krembangan, Harun ismail yang juga hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada TPS yang telah berkontribusi dalam program pemerintah untuk anak-anak stunting. “Semoga dengan kolaborasi yang baik ini, pemerintah bersama dengan instansi-instansi yang telah mendukung, khususnya di area kecamatan krembangan ini, dapat mengentaskan masalah stunting di masyarakat,” imbuh Harun.

“Ini adalah bentuk kontribusi nyata TPS untuk kesehatan Indonesia. Sebagai bagian dari Pelindo Group, TPS mendukung perbaikan gizi demi masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik.” Ungkap Wahyu Widodo selaku Direktur Utama TPS.

Wahyu menambahkan, anak-anak adalah potensi masa depan keluarga dan masyarakat, sehingga dapat menjadi sebuah kekuatan baru bagi generasi penerus di masa mendatang. Apalagi saat ini, perjuangan mengatasi stunting merupakan prioritas pembangunan pada tingkat nasional, propinsi sampai pada tingkat kabupaten.

Orang tua dari salah satu balita stunting, Siti Fatimah, memberikan respon positif terhadap program pemerintah ini. Dia berharap dengan mendapatkan pemantauan langsung dari TPS selaku salah satu donatur pada program ini, balitanya yang saat ini berusia 4 tahun dapat tumbuh dengan baik, dan bebas dari golongan balita stunting.

Program kolaborasi TPS dan Pemkot Surabaya atasi Pencegahan Gizi Buruk & Stunting ini juga sejalan dengan Pilar Sosial di Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) II Menghilangkan Kelaparan, mencapai Ketahanan Pangan dan Gizi yang baik serta meningkatkan pertanian berkelanjutan, khususnya pada Sasaran Nasional Menurunnya prevalensi stunting, yang selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional/ Daerah (RPJMN/ RPJMD) tahun 2019-2024.   (in)

Check Also

Kolaborasi Hebat Wujudkan Zero Stunting di Kecamatan Krembangan 5

Kolaborasi Hebat Wujudkan Zero Stunting di Kecamatan Krembangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.