Iklan Baris Anda

XL Axiata Business Solutions Siap Wujudkan Program Smart City dan Pedesaan Terhubung

Chief Enterprise and SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto

Jakarta, (bisnisnasionak.com) – XL Axiata Business Solutions, siap mendukung upaya digitalisasi guna mempercepat implementasi program-program smart city dan konektivitas wilayah pedesaan. Kesiapannya mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia. Saat ini, XL Axiata juga tengah membantu Jakarta Smart City dalam penerapan solusi Internet of Things (IoT) guna menangani persoalan banjir.

Chief Enterprise and SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, digitalisasi yang saat ini semakin masif di dunia usaha dan pemerintahan bisa memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat luas. XL Axiata Business Solutions siap sepenuhnya mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia.

Perluasan implementasi ICT dan digitalisasi, setidaknya mencakup tiga hal. Pertama, ketahanan ekonomi yang memungkinkan terdistribusinya ekosistem digital secara kokoh dan merata untuk penguatan ekonomi nasional. Kedua, pembangunan infrastruktur berupa pengembangan jaringan secara luas untuk menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan lebih berdaya. Ketiga, stimulasi kewirausahaan, yaitu dengan menjaring inovasi dan keterlibatan pegiat usaha lokal di tingkat UMKM.

Berbekal kelengkapan infrastruktur penunjang, teknologi, sumberdaya manusia dan teknis, hingga pengalaman menyediakan layanan ICT ke ribuan institusi bisnis dan pemerintahan, XL Axiata Business Solutions siap memberikan dukungan layanan ICT untuk mewujudkan program smart city dan pedesaan terhubung.

“Saat ini, XL Axiata Business Solutions menjadi mitra penyediaan layanan ICT bagi lebih dari 3.000 pelanggan korporasi dan UMKM yang bergerak di lebih dari 300 jenis industri, termasuk instansi pemerintah dan penyedia layanan publik,” tuturnya.

Sumberdaya infrastruktur yang dimiliki XL Axiata Business Solutions antara lain berupa data center di lokasi-lokasi strategis di dalam negeri dengan sistem perlindungan keamanan data. Semua data center tersebut telah mengantongi sejumlah sertifikasi untuk keamanan data, serta kelayakan teknis guna mendukung ekosistem digital, serta dukungan jaringan yang andal.

Sedangkan pada infrastruktur jaringan, XL Axiata Business Solutions ditopang oleh jaringan XL Axiata yang terus diperkuat, termasuk melalui ekspansi akses transmisi serat optik guna menopang peningkatan penggunaan big data. Implementasinya diwujudkan melalui peningkatan jaringan backbone antarkota meliputi hampir semua pulau utama Indonesia. “Kami telah lakukan penambahan Panjang backbone dan kemitraan strategis untuk pembangunan serat optik bawah laut. Juga sudah melakukan peningkatan kapasitas dan perlindungan jaringan backbone dan internet upstream,” tutup Feby.  (**)

 

Check Also

Citilink-JNE Kolaborasi Program Loyalty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.