Iklan Baris Anda

Rambah Pelosok Sumatera, XL Axiata Perluas Jaringan 4G di Provinsi Riau

Rambah Pelosok Sumatera, XL Axiata Perluas Jaringan 4G di Provinsi Riau 1
Info Grafis Jaringan 4G XL Axiata di Rokan Hulu, Provinsi Riau

Pekanbaru, (bisnisnasional.com) – XL terus membangun jaringan 4G hingga ke area-area pelosok di Sumatera, termasuk Provinsi Riau. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Kabupaten Rokan Hulu. Sebanyak 114 desa di 12 kecamatan sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata. Selain untuk perluasan jangkauan layanan, pembangunan jaringan di kabupaten ini juga untuk meningkatkan kualitas jaringan di area yang sebelumnya terjangkau dan mengalami kenaikan trafik.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 82 persen dari total desa di Kabupaten Rokan Hulu yang sudah terlayani XL Axiata. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat perluasan jaringan 4G masih terus dilaksanakan ke depan, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat Rokan Hulu. “Hal itu bisa lihat dari tingginya trafik penggunaan layanan data oleh pelanggan dalam dua tahun terakhir, yaitu hingga sekitar 338 persen,” ujarnya.

Menurutnya, guna melayani pelanggan di Rokan Hulu, saat ini jaringan XL Axiata ditopang oleh total sekitar 170 BTS , termasuk sebanyak sekitar 65 BTS 4G. Dalam dua tahun terakhir, jumlah BTS bertambah sebanyak 20 unit, termasuk 20 BTS 4G. Sementara itu, jika dilihat dari perluasan wilayah, dalam dua tahun terakhir ada penambahan wilayah baru yang terdiri dari 5 desa dan 1 kecamatan.

Sementara itu, di area perkotaan seperti ibu kota kabupaten, Pasir Pengaraian, penambahan BTS ditujukan untuk menjaga kualitas jaringan mengingat trafik yang terus meningkat. XL Axiata menjadi solusi komunikasi di seluruh area Kabupaten Rokan Hulu, termasuk di area perkebunan sawit dan karet yg sudah terhubung oleh jaringan XL Axiata.

Fiberisasi jaringan 4G juga telah berjalan di wilayah Provinsi Riau, termasuk Rokan Hulu dan terus dilakukan dari BTS yang sudah ada. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. “Dengan fiberisasi, kualitas jaringan data bisa ditingkatkan sehingga kualitas layanan yang bisa dirasakan pelanggan juga meningkat,” lanjut Desy.

Pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga layanan agar pelanggan benar-benar mendapatkan manfaatnya, terlebih di masa pandemi seperti saat ini, layanan data dan internet menjadi kebutuhan utama agar kita bisa tetap produktif. Selain di Kabupaten Rokan Hulu, XL Axiata juga memperluas jaringan dengan penambahan BTS di Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Sengingi, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati layanan XL Axiata di wilayah Provinsi Riau.

Di seluruh Provinsi Riau, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 430 ribu. Untuk menopang layanan di wilayah ini, XL Axiata mengoperasikan total sekitara 4.000 BTS, termasuk 1.800 BTS 4G. Lima kota/kabupaten dengan pelanggan terbanyak di provinsi ini berturut-turut adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan. (in)

 

Check Also

Indosat Ooredoo Raih Tiga Penghargaan Pada Stevie IBaS 2021 5

Indosat Ooredoo Raih Tiga Penghargaan Pada Stevie IBaS 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *