Iklan Baris Anda

XL Axiata Dorong Digitalisasi UKM di Makassar

XL Axiata Dorong Digitalisasi UKM di Makassar 1
Tokoh kopi legendaris di Makasar, Daeng Sija memperagakan cara meracik kopi dalam acara roadshow Bincang UKM di Makassar

Makassar, (bisnisnasional.com) – XL Axiata Business Solutions (XLABS) berkomitmen terus mendorong digitalisasi dan transformasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, XL Axiata Business Solutions terus memperkenalkan manfaat XL SATU BIZ sebagai sarana digitalisasi pengelolaan bisnis pada masyarakat pelaku bisnis UKM di berbagai kota, salah satunya di Makassar, Sulawesi Selatan dengan menggelar acara #BincangUKM dengan tema “Berbagi Rahasia Sukses Membangun Usaha”.

Direktur & Chief Enterprise Business & Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, menurut data Kominfo hanya satu dari tiga UKM di Indonesia yang sudah mendigitalisasikan bisnisnya, oleh karena itu XL Axiata melalui XLABS ingin mendampingi dan membantu tranformasi digital untuk berbagai usaha UKM.

“Transformasi digital dan memahami bahasa digital ini dirasa penting, karena dapat scaling up, meningkatkan keuntungan dan mempercepat adaptasi dengan semakin majunya teknologi digital di dunia usaha,” katanya.

Acara #bincangUKM ini adalah event roadshow yang diselenggarakan dari kota ke kota yang menghadirkan pengusaha-pengusaha sukses di bidangnya. Khusus acara di kota Makassar dilatar belakangi karena menjamurnya usaha Coffee Shop atau warung kopi.

Selain di Kota Makassar, acara ini sudah dilaksanakan di 4 Kota, antara lain di Medan, Bandung, Jakarta, dan Semarang. Dan kedepannya masih banyak kota di Indonesia yang akan dikunjungi dengan tujuan yang sama yaitu membantu digitalisasi UKM untuk scale up.

Dengan berlangganan XL SATU BIZ setidaknya Setengah dari persiapan bisnis anda terselesaikan sehingga anda bisa fokus untuk operasional lainnya.

Dengan menghadirkan pembicara pelaku bisnis UKM Makassar, yaitu Founder Kopi Chuseyo, Daniel Hermansyah dan tokoh kopi legendaris di Makasar, Daeng Sija, acara #BincangUKM diikuti oleh masyarakat pelaku UKM di Makassar dan sekitarnya.

Kedua pembicara memaparkan kiat-kiat membangun bisnis yang pernah mereka lakukan hingga mampu mencapai keberhasilan saat ini. Mereka juga mengakui perlunya digitalisasi untuk mengelola dan mengembangkan bisnis UKM di era yang serba digital seperti sekarang.

Seperti yang masyarakat Makassar ketahui, Kopi Chuseyo dengan konsep toko kopi yang cukup kreatif berkonsep K-pop, menjadi tempat para fans Kpop berkumpul.

Sementara itu, tokoh perkopian di Makasar yaitu Daeng Sija, saat ini memiliki lebih dari 70 cabang kedai kopi di seluruh Indonesia. Seperti di berbagai kota besar di Indonesia, Kota Makassar dewasa ini telah menjamurnya usaha Coffee Shop atau kedai kopi.    (in)

 

Check Also

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel 5

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.