Iklan Baris Anda

Tingkatkan Income Warga Sememi, Astra Group Resmikan KBA Semanggi

Tingkatkan Income Warga Sememi, Astra Group Resmikan KBA Semanggi 1
Prosesi pemotongan pita dalam ceremonial KBA Semanggi, Jl Kendung IX Surabaya, Jumat (4/9/21)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Semanggi sebagai salah satu ikon makanan khas Surabaya ternyata diluar sana belum banyak masyarakat mengetahuinya. Terkait hal tersebut Astra Group ingin mengangkat kembali “Semanggi” agar lebih luas pangsa pasarnya dan menciptakan bermacam produk berbahan dasar semanggi. Bekerjasama dengan Universitas Wijaya Putra, pihak Astra Group ingin memberdayakan masyarakat Sememi RW 03 dengan tujuan menambah income mereka.

Koordinator Astra Group Surabaya, Faris Hengky Irawan menjelaskan, dengan diresmikannya Kampung Bersemi Astra (KBA) Semanggi bisa membuat kampung ini lebih baik karena targetnya adalah menjadi kampung sejahtera Astra. KBA sendiri memiliki 4 pilar yakni Astra untuk Indonesia sehat, cerdas, kreatif dan hijau.

“Semuanya kita kembangkan disini tapi pada tahap awal yang dikembangkan adalah Astra untuk Indonesia kreatif. Jadi KBA Semanggi ini mengangkat tema makanan semanggi. Didukung Universitas Wijaya Putra, kami akan mengeksplorasi lebih dalam lagi hal-hal apa saja yang bisa ditingkatkan dari sisi ini dan tentunya pembinaan UKM jadi target kami selanjutnya,” ujar Faris di lokasi KBA, Jumat (4/8).

Ia menambahkan, dengan begitu diharapkan adanya peningkatan income bagi masyarakat kampung KBA Semanggi tersebut. Dan hari ini juga bersamaan dengan pembagian sembako yang sejalan dengan program Astra yakni #semangatsalingpeduli. “Ini sudah dilaunching sejak Agustus kemarin yakni satu postingan hashtag #semangatsalingpeduli akan dikonversikan dengan satu bingkisan sembako. Harapannya bisa membantu masyarakat yang ada di wilayah ini yang sedang terdampak pandemi,” lanjutnya.

Terkait digandengnya Universitas Wijaya Putra dalam KBA ini, Faris menjelaskan karena selain menjadi Unibersitas terdekat, juga punya 3 pilar serta tanggung jawab sosial pada masyarakat. “Daripada jalan masing-masing, kenapa kita nggak bersama-sama. Dimana kita juga butuh literasi-literasi dari akademisi yang bisa membantu kita untuk mengeksplorasi semanggi ini dengan lebih baik,” tegas Faris.

Sementara itu Lurah Sememi, Rohanna menyampaikan, dengan hadirnya KBA yang dibentuk oleh Astra Group akan sangat membantu masyarakat sememi khususnya RW 03 agar lebih kreatif lagi mengolah semanggi yang tidak hanya berupa makanan saja.

“Saat ini ada sekitar 300 penjual semanggi dari kampung ini. Memang pandemi ini terjadi penurunan, namun dengan adanya bantuan dari Astra Group ini kami berharap ini bisa meningkatkan pendapatan warga dalam mengolah semanggi ini dengan kreatifitas warga. Harapannya semanggi-semanggi ini bisa dikenal lebih luas lagi tak hanya di Surabaya saja,” tukasnya. (in)

Check Also

Fenomena "Warung Madura" Buka 24 Jam, KPPU Panggil Stakeholder Terkait 5

Fenomena “Warung Madura” Buka 24 Jam, KPPU Panggil Stakeholder Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.