Iklan Baris Anda

Suzuki Ignis, Powerfull Nan Hemat BBM

Suzuki Ignis, tangguh melewati medan menanjak di salah satu destinasi wisata Prigen, Pasuruan Jawa Timur

Prigen, (bisnisnasional.com) – Seiring perkembangan teknologi khususnya roda empat (mobil), kini banyak dijumpai mobil berpenggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) baik pada jenis city car, MPV, bahkan beberapa SUV juga.

Suzuki Ignis berdesain mungil ini merupakan Compact SUV yang juga menggunakan penggerak depan. Mengusung mesin K12M 1,2L 4-silinder dengan bahan bakar bensin. Meski begitu nyatanya Ignis sanggup patahkan anggapan banyak orang bahwa kendaraan FWD disebut kurang bertenaga saat melewati tanjakan. Buktinya saat tim bisnisnasional.com menjajal unit Ignis untuk dibawa ke wisata Pintu Langit di Prigen, Pasuruan Jawa Timur, Ignis dengan lincahnya melewati rute yang mayoritas tanjakan. Ground clearance tinggi nyaman melibas jalan bergelombang.

Kebetulan unit yang dipakai adalah tipe manual transmision sehingga untuk kondisi jalan menanjak lebih sigap. Dengan kemiringan mencapai 22 derajat, Suzuki Ignis dengan lincah melahap tiap tanjakan yang juga berkelok. Asyiknya lagi suspensinya pas. Tidak keras namun juga tidak limbung. Saat beberapa kali melewati jalan berlubang, goncangan yang dirasakan minim sekali.

Saat menuruni jalanan yang cukup curam ditambah kondisi licin karena hujan, pengendaliannya masih lincah. Cengkeraman roda dan pengereman tetap pakem, meski rida belakang masih menggunakan drum brake.

Selain tangguh di tanjakan, Ignis juga irit BBM

Bicara soal keiritan bahan bakar (BBM), Ignis yang digunakan kali ini untuk menempuh rute ke daerah pegunungan (Prigen, Pasuruan) melewati banyak tanjakan maupun turunan serta berbagai jenis medan jalan dalam sekali pengisian penuh hanya berkurang sekitar 20 persen saja.

Hari kedua, Ignis digunakan ke berbagai tujuan dalam kota dengan kecepatan normal rata-rata 60 km/jam, konsumsi BBM tetap hemat, tidak perlu mengisi lagi. Kesimpulannya adalah Suzuki Ignis ini selain lincah, mesinnya bisa dibilang bandel, powerful namun hemat BBM. Dua hari pemakaian dengan banyak tujuan hanya sekali saja pengisian penuh ke SPBU dengan biaya Rp 200 ribuan saja. Itupun pada petunjuk BBM masih ada sisa sekitar 30 persen.

Tentunya keunggulan ini membuat Ignis layak dipertimbangkan bagi calon konsumen yang ingin memiliki mobil yang tidak terlalu besar namun powerfull dan hemat BBM. Terlebih saat ini Ignis sudah ada model terbaru.   (in/bsn)

Check Also

Wuling Resmi Pasarkan Mobil Listrik di GIIAS Surabaya 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.