Iklan Baris Anda

Prosesor Ryzen 6000 Series Tawarkan Performa Single Threaded 11% Lebih Baik

Ilustrasi Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Surabaya, (bisnisnasional.com) – AMD pada awal 2022 ini mengumumkan jajaran lengkap prosesor Ryzen 6000 Series baru untuk mobile, menghadirkan arsitektur core “Zen 3+” yang sangat efisien dan bertenaga dengan grafis terintegrasi berbasis arsitektur AMD RDNA 2 untuk pertama kalinya. Prosesor Ryzen 6000 Series yang baru dibuat menggunakan teknologi proses 6nm TSMC dan menghadirkan tingkatan performa grafis terintegrasi yang belum pernah ada, menawarkan gaming AAA 1080p yang revolusioner, bersama dengan fitur-fitur mutakhir dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Selain itu AMD juga mengumumkan prosesor desktop Ryzen 7 5800X3D baru dengan teknologi AMD 3D V-Cache untuk performa gaming tingkat elit yang mendominasi kompetisi, dan menampilkan CPU Ryzen 7000 Series baru bertenaga arsitektur “Zen 4” dan menggunakan yang baru Soket AMD AM5.
“AMD berada di garis depan inovasi dalam industri PC, menghadirkan pengalaman tak tertandingi bagi para kreator, profesional, dan gamer,” kata senior vice president and general manager, Client business unit, AMD.

Semuanya dimulai dengan arsitektur “Zen”, dan prosesor AMD Ryzen 6000 Series dibangun di atas core “Zen 3+” AMD yang diperbarui, dioptimalkan untuk memberikan performa per watt yang luar biasa. Dengan speed clock hingga 5 GHz , kecepatan pemrosesan hingga 1,3 kali lebih cepat, dan grafis hingga 2,1 kali lebih cepat dari Seri 5000.

Core “Zen 3+” memberikan daya dan efisiensi, melalui fitur baru yang menyesuaikan kecepatan dan fitur deep sleep baru yang membantu menghemat daya. Dibandingkan dengan prosesor AMD Ryzen generasi terakhir, Ryzen 6000 Series menggunakan daya hingga 30 persen lebih sedikit untuk konferensi video. Hal ini menghasilkan daya tahan baterai yang luar biasa dengan sekali pengisian daya, prosesor Ryzen 6000 Series sanggup memutar film hingga 24 jam.

Menampilkan hingga delapan core berperforma tinggi untuk menghadirkan kekuatan pemrosesan 16 thread, Ryzen 6000 Series menghadirkan performa terbaik untuk PC laptop ultrathin, dengan hingga 11 persen lebih banyak performa single-threaded dan performa multithreaded hingga 28 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Ryzen 6000 Series merupakan prosesor mobile pertama yang menampilkan grafis terintegrasi berbasis arsitektur RDNA 2. Dengan kecepatan grafis dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Memiliki fitur dan teknologi yang semuanya baru, memungkinkan resolusi dan refresh rate ultra tinggi. Dukungan HDR dan teknologi AMD FreeSync menjaga semuanya bermain game tetap mulus dan nyaman. Memungkinkan bermain game AAA hingga 70 persen lebih kencang dibandingkan dengan kompetitornya.

Ryzen 6000 Series adalah prosesor x86 pertama yang sepenuhnya mendukung fitur keamanan Windows 11 dengan terintegrasi prosesor keamanan Microsoft Pluton, memungkinkan keamanan chip-ke-cloud. Dikombinasikan dengan fitur keamanan seperti AMD Secure Processor dan AMD Memory Guard. Laptop pertama bertenaga prosesor AMD Ryzen 6000 Series diharapkan akan tersedia oleh mitra OEM terkemuka, seperti Asus, Dell, dan HP, mulai Februari 2022.

AMD juga mengumumkan peningkatan pada prosesor desktop AMD Ryzen 5000 Series pemenang penghargaan, menghadirkan prosesor Ryzen pertama dengan teknologi AMD 3D V-Cache untuk mendukung pengalaman gaming. Bertenaga arsitektur core “Zen 3”, Ryzen 7 5800X3D adalah prosesor gaming terkencang di dunia, menghadirkan rata-rata 5 persen lebih cepat untuk gaming resolusi 1080p pada berbagai judul tertentu. Produk ini akan tersedia untuk Socket AM4 pada Musim Semi 2022.

AMD memberikan preview prosesor Ryzen 7000 Series, yang didasarkan pada arsitektur “Zen 4” 5nm, dan akan tersedia pada paruh kedua tahun 2022. Untuk melengkapi CPU arsitektur Ryzen “Zen 4”, AMD juga akan memperkenalkan Soket AM5 AMD yang serba baru ke pasar.

General Manager, Notebooks, IT Products Business Acer Inc, James Lin menyampaikan, kemitraannya dengan AMD memungkinkan untuk terus mendorong batasan bagi para gamer. “Dengan teknologi prosesor terbaru meningkatkan pengalaman bermain game dan memberi pelanggan performa yang mereka perlukan untuk bermain,” katanya.

Shawn Yen, Product Management Director of Gaming Business Unit ASUS menyebutkan, dengan prosesor AMD Ryzen baru untuk mentenagai laptop ASUS diharapkan bisa memberikan visual yang mengesankan dan performa luar biasa kepada para gamer. “Melalui kemitraan kami dengan AMD, ASUS berusaha untuk menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dan mendefinisikan kembali gaming mobile performa tinggi,” tuturnya.

Sementara itu Vivian Lien, Vice President Alienware menyampaikan, melalui kemitraan dengan AMD, pihaknya memulai perjalanan untuk mendorong kemajuan inovasi game PC. Hasil akhirnya adalah laptop Alienware yang mendefinisikan kategori yang mendorong batas performa dan pengalaman pintar. “Dengan teknologi prosesor AMD Ryzen terbaru yang mendukung laptop Alienware m17/m15 R5 kami yang mencakup laptop gaming AMD Advantage 17 inci, pengguna dapat mengharapkan performa dan kekuatan game untuk memenuhi tuntutan semua judul game modern,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh beberapa mitra bisnis AMD, diantaranya Luca Rossi, President of Intelligent Devices Group (IDG), Lenovo. Andy Rhodes, global head of commercial systems and displays, HP Inc. Serta Nicole Dezen, corporate vice president device partner sales, Microsoft. (in/bsn)

Check Also

AMD Instinct Hadirkan Teknologi Kelas Exascale untuk Aplikasi HPC dan AI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.