Iklan Baris Anda

Prosesor AMD EPYC dan Akselerator AMD Instinct Raih Posisi Pertama Top500 dan Green500

Surabaya, (bisnisnasional.com) – AMD menampilkan kepemimpinannya yang berkelanjutan dalam high performance computing (HPC) dengan menggerakkan superkomputer terkencang dan paling hemat energi di dunia, menurut daftar Top500 dan Green500 terbaru. Sistem Frontier Oak Ridge National Laboratory (ORNL) mengirimkan skor pertamanya ke daftar Top500 1.1 exaflops, menjadikannya superkomputer tercepat di dunia dan yang pertama menembus exascale.

Kinerja Frontier lebih dari dua kali lipat sistem nomor dua dan lebih besar dari jumlah tujuh sistem berikutnya pada daftar Top500 terbaru.
Selain itu, test and development system (TDS) Frontier mengamankan posisi teratas dalam daftar Green500, memberikan efisiensi daya 62,68 gigaflops/watt dari satu kabinet prosesor AMD EPYC Generasi ke-3 yang dioptimalkan dan akselerator AMD Instinct MI250x. Pada akhirnya, kinerja komputasi presisi campuran Frontier mencapai 6,86 exaflops, seperti yang diukur dengan pengujian High-Performance Linpack-Accelerator Introspection, atau HPL-AI. Langkah selanjutnya untuk Frontier termasuk pengujian lanjutan dan validasi sistem, yang tetap berada di jalur untuk penerimaan akhir dan akses sains awal nanti pada 2022, dan terbuka untuk sains penuh pada awal 2023.

Dalam sistem AMD EPYC dan AMD Instinct MI200 lainnya, superkomputer LUMI CSC berada di urutan ketiga dalam daftar Top500 dengan kinerja 152 petaflops dan urutan ketiga dalam daftar Green500 dengan efisiensi daya 51,63 gigaflops/watt, dan sistem Adastra di GENCI-CINES berada di urutan kesepuluh daftar Top500 dan keempat di daftar Green500. Kesemua sistem ini terus menunjukkan kinerja dan kemampuan efisiensi dari akselerator AMD Instinct pada tingkat node, kabinet, dan sistem.

Selain itu, daftar Top500 dan Green500 menunjukkan preferensi yang berkembang pesat untuk solusi AMD di seluruh industri HPC. Pada daftar Top500, AMD mendukung total 94 sistem, meningkat 95% dari tahun ke tahun, dan akselerator AMD Instinct MI200 membuat entri pertama mereka ke daftar Top500 dengan tujuh sistem. Angka performa yang dihasilkan oleh sistem berbasis AMD Instinct generasi tunggal ini pada daftar Top500 hampir menyamai Flops gabungan dari 161 sistem akselerasi lainnya di Top500
Pada daftar Green500, prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct kini mendukung empat superkomputer paling efisien di dunia. Di luar itu, produk AMD berada di delapan dari sepuluh besar, dan 17 dari 20 teratas yang paling efisien.

“Kami sangat senang prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct mentenagai superkomputer tercepat, paling hemat energi, dan pertama di dunia yang memecahkan penghalang exascale,” kata Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center Solutions Group, AMD.

Inovasi dan memberikan kinerja dan efisiensi yang lebih untuk superkomputer sangat penting untuk mengatasi tantangan paling kompleks di dunia. Prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct terus mendorong komputasi kinerja tinggi, memberikan kinerja yang dibutuhkan untuk memajukan penemuan ilmiah.

“Superkomputer Frontier, yang ditenagai oleh AMD dan HPE, merupakan kemajuan langkah yang besar untuk sains dan industri HPC,” kata Bronson Messer, director of science, Oak Ridge Leadership Computing Facility.

“Kolaborasi kami dengan AMD sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa kami menggunakan platform terdepan di dunia untuk ilmu komputasi. Superkomputer Frontier memanfaatkan kinerja gabungan dari CPU AMD yang ditingkatkan dan akselerator AMD Instinct, bersama dengan platform software terbuka AMD ROCm 5 yang disempurnakan, untuk memberikan kinerja yang dibutuhkan peneliti untuk melakukan penelitian ilmiah demi kebaikan masyarakat,” tambahnya.

“LUMI, salah satu superkomputer kelas dunia EuroHPC dan platform terkemuka untuk kecerdasan buatan, dibangun dengan mengutamakan kelestarian lingkungan dan kinerja,” kata Pekka Manninen, Director of the LUMI Leadership Computing Facility, CSC. “Prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct memungkinkan kami mencapai tujuan penelitian ilmiah kami yang paling ambisius sekaligus memenuhi dan melampaui target iklim di UE. Kami sangat bangga dengan posisi ketiga kami dalam daftar Green500, mencapai efisiensi daya 51,63 gigaflops/watt,” sambung dia.

AMD memimpin di HPC dengan memungkinkan mitra dan pelanggan untuk menyebarkan semua ukuran cluster, di seluruh area penelitian utama termasuk manufaktur, ilmu hayati, layanan keuangan, penelitian iklim dan banyak lagi. Misalnya, prosesor AMD EPYC kini mendukung superkomputer terbaru National Science and Technology Development Agency Thailand, memberikan kinerja untuk memajukan penelitian di bidang kedokteran, prakiraan cuaca, dan banyak lagi. Selain itu, The Ohio Supercomputer Center baru-baru ini mengumumkan Ascend, klaster HPC baru yang terdiri dari server Dell Technologies PowerEdge yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC.

Ekosistem AMD Instinct dan ROCm menawarkan dukungan kepada pelanggan untuk aplikasi utama dalam HPC, AI dan pembelajaran mesin serta model pemrograman HIP dan OpenMP®, toolchain compiler dan alat analisis untuk aplikasi ilmiah dan industri. Selain itu, AMD Accelerator Cloud menyediakan lingkungan untuk mengakses, mengevaluasi, dan memaksimalkan akselerator AMD Instinct dan perangkat lunak ROCm dari jarak jauh.

HPC di cloud memperluas akses ke komputasi, membuka kunci aplikasi penelitian utama dan beban kerja bisnis yang menghasilkan produk yang dirancang lebih baik dan mempercepat waktu ke pasar. Virtual Machine (VM) Google Cloud C2D terbaru dengan komputasi rahasia memperluas momentum prosesor AMD EPYC yang mendukung solusi HPC berkinerja tinggi dan efisien dari penyedia layanan cloud terkemuka. Inovator supercar listrik, Rimac, baru-baru ini menggunakan mesin virtual Microsoft Azure HBv3 – ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga dengan teknologi AMD 3D V-Cache – untuk meningkatkan kinerja dan skalabilitas untuk simulasi supercar listriknya.    (in/bsn)

 

Check Also

AMD Instinct Hadirkan Teknologi Kelas Exascale untuk Aplikasi HPC dan AI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.