Iklan Baris Anda

PLN Optimis Pemasangan Kabel SKTT di Jembatan Suramadu Selesai 2023

Proses pemasangan kabel SKTT pada lintasan Jembatan Suramadu

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Konsumsi listrik di Pulau Madura yang semakin meningkat kembali menggerakkan PT PLN (Persero) untuk membangun infrastruktur kelistrikan tambahan guna peningkatan daya listrik dari Surabaya ke Madura melalui Jembatan Suramadu dengan membangun Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 & 4.

(SKTT) 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 & 4 saat ini sedang dalam periode pemasangan kabel SKTT pada lintasan Jembatan Suramadu. Pemasangan kabel ini menyebabkan terjadinya pengalihan lalu lintas di jembatan Suramadu. Bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur pengalihan lalu lintas di Jembatan Suramadu terpantau lancar.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB), Muhammad Ramadansyah menjelaskan, peningkatan keandalan listrik ini nantinya akan menopang dan memperlancar kegiatan masyarakat, baik kegiatan ekonomi untuk peningkatan taraf hidup maupun untuk kehidupan keberagamaan yang kesehariannya membutuhkan listrik. Pihaknya optimis proses pemasangan kabel ini akan berjalan sesuai direncanakan akan selesai pada tahun 2023.
“Pengalihan lalu lintas roda 2 ke lintasan roda 4 yang dilakukan selama 1 tahun yang dibagi menjadi 2 tahapan yaitu 6 bulan pengalihan untuk arah Surabaya-Madura dan 6 bulan untuk arah sebaliknya,” ujarnya.

Ia menambahkan, jaringan transmisi yang terbentang dari Kedinding hingga Tx Bangkalan di Jembatan Suramadu ini nantinya akan memperkuat kelistrikan Madura. Seperti diketahui saat ini Pulau Madura disokong dua sirkit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ujung/Kenjeran – SKTT 150 kV Suramadu 1 & 2 SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur sehingga untuk menambah keandalan perlu dibangun kembali infrastruktur kelistrikan tambahan.

Upaya mitigasi kerap dilakukan PLN untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Pengalihan lalu lintas roda 2 ke roda 4 guna kelancaran pemasangan kabel SKTTpun berjalan lancar berkat dukungan dan koordinasi dengan stakeholder terkait. “Dibangunnya sirkit 3 dan 4 ini menjadi upaya mitigasi untuk menjaga pasokan dan meningkatkan keandalan kelistrikan. Infrastruktur yang sedang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 16 kms dan direncanakan akan beroperasi pada tahun 2023,” tutup Ramadansyah.   (in/bsn)

 

Check Also

JNE dan POLRI Tandatangani Kerjasama Pengawasan Peredaran Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.