Iklan Baris Anda

PLN Bantu Usaha Hidroponik Masyarakat Surabaya

Pertanian hidroponik dengan mengaplikasikan kelistrikan banyak membawa dampak positif

Surabaya, (bisnisnasional.com) – PLN giatkan peningkatkan kualitas hidup dan produktifitas masyarakat yang diberikan melalui Program PLN Peduli. Tahun ini PLN melalui unitnya PLN UIP JBTB menyasar tiga usaha hidroponik di wilayah Surabaya. Kebun Sayur Surabaya, Jawara Farm dan KRPL Serpis merupakan usaha yang dibantu Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Pertanian hidroponik dengan mengaplikasikan kelistrikan banyak membawa dampak positif. Dengan pemakaian kelistrikan seperti growth light, penyiraman dan kontrol suhu pertanian secara otomatis dengan menggunakan listrik membuat kualitas tanaman menjadi lebih baik serta mempercepat pertumbuhan tanaman hidroponik yang berimbas positif pada percepatan waktu panen sehingga usaha hidroponik ini dapat memenuhi permintaan pasar.

Ketua KRPL Serpis, Yuni mengatakan, Omzet KRPL Serpis meningkat setelah ada bantuan dari PLN, setidaknya sekitar 20 persen. Ditambah lagi area produksi baru berhasil dibangun PLN di tanah fasilitas umum yang diberikan ijin oleh Pemerintah Kota Surabaya. Dengan adanya penambahan areal produksi meningkat sehingga kami dapat meningkatkan penjualan yang secara langsung meningkatkan omzet Serpis. “Terima kasih atas bantuan PLN. Kami berharap usaha ini akan terus meningkat, sehingga kesejahteraan kelompok dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Sementara itu General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah mengatakan, Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini kerap dilaksanakan PLN untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga kehidupan masyarakat dapat meningkat serta diharapkan dapat juga menjadi pengaruh yang positif untuk daerah sekitar. Selain itu PLN turut menyasar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), sehingga diharapkan dengan bantuan yang diberikan PLN, masyarakat dapat lebih meningkat secara finansial dan kesejahteraan. Lebih lanjut dengan memanfaatkan listrik untuk pertanian hidroponik dapat membuat waktu panen semakin cepat sehingga diharapkan berdampak positif untuk peningkatan penghasilan.

“Dengan pemakaian listrik untuk usaha ini tentunya dapat meningkatkan produktifitas pertanian hidroponik sehingga diharapkan kualitas tanaman meningkat dan waktu panen lebih cepat,” katanya.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini diharapkan PLN dapat mendukung kesuksesan program Pemerintah dan PLN dapat segera mewujudkan salah satu Nawacita (Sembilan Agenda Prioritas Pemerintahan) serta mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang merupakan rencana aksi global pembangunan dari negara-negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk diwujudkan pada tahun 2030.  (in/bsn)

 

Check Also

JNE dan POLRI Tandatangani Kerjasama Pengawasan Peredaran Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.