Iklan Baris Anda

PLN Didukung Pemprov Jatim Amankan Jalur Suplai Listrik Ke Bali

PLN Didukung Pemprov Jatim Amankan Jalur Suplai Listrik Ke Bali 1
Para petugas PLN membersihkan layang-layang yang kerap tersangkut di jaringan SUTT

Surabaya, (bisnisnasional.com) – PT PLN (Persero) terus meminta dukungan kepada seluruh stakeholder untuk mendukung keandalan sistem kelistrikan, salah satunya penyaluran ke Pulau Bali dalam mendukung perhelatan internasional KTT G20 November mendatang.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM), Didik Fauzi Dakhlan menyampaikan, pihaknya meminta bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersedia mendukung pengamanan sistem kelistrikan Jawa Timur, khususnya jalur transmisi pemasok event G20 juga jalur 500 kV atau yang rawan sosial, sehingga dapat mengantisipasi potensi yang kerapkali menjadi penyebab gangguan transmisi, yakni layang-layang dan balon udara. “Berfokus pada jalur tersebut, karena merupakan jalur backbone penyaluran listrik ke wilayah lain seperti ke Bali juga Jawa Barat,” paparnya.

Suplai PLTU Paiton ke Bali sebesar 30% dari beban puncak yang ada sehingga suplai dari Jawa Timur memiliki peran sangat penting dalam menyukseskan G20. Beberapa pekan lalu, PLN telah menyelesaikan tahap I pemeliharaan jalur utama sepanjang 208,487 kms dengan jumlah tower 317 SUTT 150kV serta 3 Gardu Induk dan Cable Head Ketapang.

Berdasar angka statistik dalam temuan kejadian di lapangan, jumlah layang-layang serta balon udara yang tersangkut pada jaringan transmisi di sistem Jawa Timur sejumlah 837 pada tahun 2021 lalu. Dari awal tahun 2022 hingga saat ini tercatat 161 layangan dan balon udara yang berada di SUTT. Selain dapat mengganggu penyaluran energi listrik, hal itu juga berbahaya bagi pelaku yang bermain layangan dekat jaringan listrik baik Tegangan Menengah atau Tegangan Tinggi.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak menyikapi penjelasan PLN saat audiensi. Pihaknya selalu mendukung dalam setiap langkah yang dilakukan PLN untuk kesejahteraan masyarakat, juga dalam hal ini untuk kesuksesan terselenggaranya event internasional KTT G20 di Bali yang kebutuhan listriknya berasal dari Jawa Timur.

“Kami akan bantu juga berikan himbauan ke masyarakat untuk ikut menjaga terkait gangguan layang-layang dan balon udara. Apabila nanti memang ternyata lebih serius dari itu, peraturan yang lebih tegas dapat dibuat untuk mengaturnya”, terang Wagub Emil merespon permintaan dukungan PLN.

PLN berkomitmen untuk selalu menjalin koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah serta seluruh stakeholder lainnya sehingga dapat bersama-sama menjaga infrastruktur kelistrikan agar pelayanan kepada seluruh pelanggan yang ada di Jawa Timur dan sekitarnya dapat terus berjalan optimal.   (in)

Check Also

Kolaborasi JNE, Tab Space dan Grammars Dukung Seniman Disabilitas Jadi Praktisi Profesional 5

Kolaborasi JNE, Tab Space dan Grammars Dukung Seniman Disabilitas Jadi Praktisi Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.