Iklan Baris Anda

Mendag Tinjau Implementasi Subsidi Migor di Pasar Senen

Mendag Tinjau Implementasi Subsidi Migor di Pasar Senen 1
Mendag Lutfi Meninjau Implementasi Subsidi Minyak Goreng di Pasar Senen, Jakarta (dok humas)

Jakarta, (bisnisnasional.com) – Saat meninjau Pasar Senen di Jakarta Pusat, Kamis (17/3) Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan Pemerintah akan menyubsidi harga minyak goreng (migor) curah yang ditetapkan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 14.000/liter. Sedangkan, harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium akan mengikuti harga keekonomian. Pemerintah akan mengawal migor subsidi ini dan akan menangkap oknum yang menyelewengkannya.

Melalui Kementerian Perindustrian, Pemerintah memastikan tak ada lagi migor yang tidak sesuai peruntukannya. Migor yang diolah pabrik akan dipastikan distribusinya sampai ke pasar kemudian disubsidi agar harga sesuai dengan ketentuan, yaitu Rp 14.000/liter atau setara Rp15.500/kg.

Lutfi menyatakan jumlah stok migor melimpah dengan harga keekonomian sesuai dengan keputusan rapat terbatas yang telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebelumnya. Pemerintah akan hadir memasok migor curah subsidi dan saat ini sedang disesuaikan aturan secepatnya. “Ini ditargetkan akan diselesaikan segera dan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan migor saat ini,” ujar Lutfi.

Ia juga menyampaikan, ketegangan yang terjadi antara Ukraina dan Rusia menyebabkan lonjakan harga minyak nabati dunia karena kedua negara tersebut merupakan penghasil minyak nabati dari bunga matahari. “Sebagai pengganti minyak nabati tersebut, minyak kelapa sawit mengalami lonjakan harga dari Rp14.600/liter pada awal Februari menjadi Rp18.000/liter di bulan Maret.

Sebelumnya migor sulit didapat karena melawan mekanisme pasar. Perbedaan antara harga migor yang ditetapkan Pemerintah dengan harga internasional cukup tinggi yang menyebabkan banyaknya oknum berbuat curang dengan mengambil keuntungan sesaat.

Untuk itu, Kemendag bersama Polri akan menindak tegas pelaku kecurangan, terutama penyalahgunaan migor curah subsidi untuk kebutuhan industri. Secara umum harga barang kebutuhan pokok di Pasar Senen Jakarta beranjak turun. Meski begitu masih terdapat beberapa bapok yang mulai mengalami kenaikan.

“Harga bapok, khususnya daging sapi mulai beranjak naik menjadi Rp130.000—135.000,-. Untuk itu, Pemerintah telah menugaskan Bulog untuk mendatangkan daging kerbau dari India dengan harga di masyarakat Rp80.000,- untuk menyeimbangkan harga,” pungkas Lutfi.     (in/bsn)

 

Check Also

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel 5

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.