Iklan Baris Anda

Libur Nataru, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Kabupaten Gowa

Libur Nataru, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Kabupaten Gowa 1
Teknisi XL Axiata sedang bekerja di salah satu shelter BTS XL Axiata di Kelurahan Pattarrang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (13/12)

Makassar, (bisnisnasional.com) – XL Axiata terus memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk di area-area wisata karena setiap tahun masyarakat Sulawesi Selatan memanfaatkan masa panjang libur Natal dan pergantian tahun dengan berwisata ke berbagai daerah di provinsi tersebut, termasuk di Kabupaten Gowa. Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. Di Kabupaten Gowa, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 121 desa dan 46 kelurahan di 15 kecamatan termasuk kawasan wisata Malino.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, penguatan jaringan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, namun akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Sulawesi Selatan seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. “Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di Sulawesi Selatan juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata diIndonesiaAja (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Hingga saat ini, di wilayah Kabupaten Gowa, jaringan XL Axiata didukung oleh sekitar 110 BTS 4G. Kabupaten Gowa sendiri merupakan salah satu area yang sangat dinamis, di mana dalam dua tahun terakhir trafik data naik hingga 226% dengan jumlah pelanggan mencapai sekitar 100 ribu. Sejumlah tempat wisata popular ada di Kabupaten Gowa, salah satunya adalah Malinau. Sedangkan di Sulawesi Selatan, antara lain ada Pantai Bira, Pantai Bara, dan Toraja, kualitas jaringan XL Axiata telah menjangkau objek wisata di area tersebut, sehingga pelanggan bisa berselancar di dunia maya untuk menikmati upload foto-foto terbaik selama berada di sana.

Dodik melanjutkan, peningkatan kualitas jaringan data di Sulawesi Selatan secara umum memang menjadi keharusan demi mendukung gencarnya digitalisasi di berbagai sektor di provinsi tersebut, termasuk Gowa. Di sisi lain, penyediaan jaringan 4G di provinsi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital mereka agar mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang, baik sosial maupun bisnis dan pemerintahan. Literasi digital yang cukup akan memungkinkan mereka untuk mampu mengakses dan memanfaatkan layanan digital yang tersedia.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, trafik data tumbuh sebesar 165% dalam dua tahun terakhir ini. Total pelanggan mencapai lebih dari 1,2 juta, yang dilayani dengan lebih dari 4.800 BTS termasuk sekitar 3.000 BTS 4G. Hal ini menunjukkan jaringan 4G di sana dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Untuk itu, XL Axiata terus melakukan penambahan BTS 4G hingga sebanyak 413 unit dalam dua tahun terakhir. Selain Gowa, area dengan trafik tertinggi adalah Kota Makassar, Kabupaten Bone, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Bulukumba.

Secara bisnis, menurut Dodik, dengan jumlah penduduk lebih dari 9 juta jiwa saat ini, Sulawesi Selatan cukup potensial sebagai pasar bagi produk layanan XL Axiata, baik untuk layanan perorangan maupun UMKM. Menurut data Survey Sosial Ekonomi Nasional, Maret 2020, 85,3% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan telepon seluler. Selanjutnya, 49,59% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan telepon seluler, serta 14,87% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan komputer. Sementara itu untuk UMKM, menurut Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, hingga akhir Desember 2021 ada lebih dari 1,5 juta UMKM, dengan 120 ribu di antaranya telah melakukan digitalisasi.

Agar dapat merebut pasar, tentu XL Axiata harus yang memastikan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Sulawesi Selatan. “Kami sadar, saat ini hanya kualitas layanan yang akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik bagi masyarakat luas, karena layanan yang berkualitas akan bisa memberikan manfaat untuk menunjang aktivitas produktif. Untuk itulah kami akan terus membangun jaringan data, baik untuk ekspansi maupun untuk meningkatkan kualitas sinyal,” tutup Dodik.   (in)

Check Also

Pengguna AXIS Kini Mudah Ikutan Program GDK 5

Pengguna AXIS Kini Mudah Ikutan Program GDK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.