Iklan Baris Anda

Kolaborasi Smartfren dan Xingtera, Wujudkan Indonesia Industri 4.0

Kolaborasi Smartfren dan Xingtera, Wujudkan Indonesia Industri 4.0 1
Smartfren dan Xingtera menandatangani nota kesepahaman untuk mewujudkan transformasi digital dan Industri 4.0 di Indonesia. Dihadiri oleh (dua dari kiri) Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren. (tiga dari kiri) Yuqing Niu, President and CEO Xingtera Inc. (empat dari kiri) Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren; dan (lima dari kiri) Franky O. Widjaja, Chairman Smartfren.

Jakarta, (bisnisnasional.com) – Smartfren dan Xingtera Inc., penyedia solusi Artificial Intelligence of Things (AIoT) dari Negeri Paman Sam, resmi menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan memulai kerja sama untuk mewujudkan “Indonesia Industri 4.0”.

President and CEO Xingtera Inc., Yuqing Niu mengatakan, prosesi berlangsung pada awal Maret lalu di sela Mobile World Congress 2023 di Barcelona, diharapkan memberi dampak positif pada perkembangan perangkat berbasis kecerdasan buatan (AI) serta IoT untuk industri di Indonesia.
Kolaborasi tersebut akan berfokus pada pengenalan teknologi canggih dan solusi sistem 5G cloud-native dari hulu-ke-hilir (end-to-end) yang telah terbukti.

“Tujuan kami adalah membantu perusahaan manufaktur di Indonesia dalam mempercepat realisasi janji transformasi digital,” ujarnya.
Perjanjian tersebut menegaskan komitmen Smartfren bersama Xingtera dalam mendukung serta mengembangkan solusi, aplikasi kecerdasan buatan, manufaktur otonom, dan lain sejenisnya. Seluruhnya merupakan solusi-solusi terkini yang dirancang berdasarkan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), serta IoT untuk diterapkan oleh Smartfren.

Harapannya penerapan solusi ini memperkuat posisi Smartfren, terutama bagi unit usaha Smartfren Business yang selama ini selalu konsisten menyediakan berbagai solusi industri 4.0 untuk perusahaan (enterprise) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selanjutnya Smartfren dan Xingterra, melalui Smartfren Business, akan mulai mengimplementasikan nota kesepahaman itu dalam proyek percontohan di pelabuhan cerdas yang dikelola OKI Mills, bagian dari APP Sinar Mas. Pasca implementasi proyek, nota kesepahaman juga berlaku dalam meningkatkan skala otomatisasi operasional di pabrik OKI Mills, serta memperluasnya ke lokasi manufaktur lain yang serupa.

CEO Smartfren Business, Alim Gunadi mengatakan, pihaknya fokus menciptakan teknologi inovatif dalam hal otomatisasi dengan pengembangan teknologi untuk perusahaan dan UMKM. Melalui kerja sama ini, pihaknya ingin menjelajah berbagai potensi baru dalam teknologi industri, salah satunya yang berdasarkan teknologi 5G. “Proyek dengan OKI Mills ini merupakan langkah awal mewujudkan proses otomatisasi operasional yang dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas perusahaan atau bisnis,” katanya.

Yuqing Niu menambahkan, Xingtera, sebagai penyedia solusi AIoT global, karena telah teruji di lapangan serta dapat berkontribusi pada revitalisasi industri di Indonesia dalam mewujudkan target Indonesia 4.0. “Kami berharap proyek yang bekerja sama dengan Smartfren ini dapat segera terlaksana,” pungkas Yuqing Niu.   (in)

Check Also

AMD Akuisisi Silo AI untuk Perluas Solusi AI Perusahaan Secara Global 5

AMD Akuisisi Silo AI untuk Perluas Solusi AI Perusahaan Secara Global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.