Iklan Baris Anda

AMD Hadirkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Bagi Para Pengguna Bisnis

AMD Hadirkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Bagi Para Pengguna Bisnis 1

Jakarta, (bisnisnasional.com) – Di era digital saat ini, proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik tentu tak asing dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu pendorong dalam era transformasi industri.

Proses digitalisasi juga berkaitan dengan pengembangan teknologi kecerdasan buatan/AI untuk mengoptimalisasi proses pengambilan keputusan. Inovasi teknologi kecerdasan artifisial/AI dapat digunakan untuk mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna.

Kedepannya, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal ditengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula.

Untuk mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan datacenter di era digitalisasi, AMD mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat.

Dalam acara bertajuk “AMD Solution & AI Day – NPI (New Product Introduction) AMD Ryzen Pro 7000 Series Processor & AMD EPYC 9004 Series Launch” AMD memamerkan jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis.

Dengan arsitektur “Zen 4”, grafis terintegrasi AMD RDNA 3, teknologi AMD PRO, dan Ryzen AI pada model tertentu, prosesor Ryzen PRO 7040 Series dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. Selain itu, secara global AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi “Zen 4” dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional.

AMD menghadirkan CPU Server terbarunya secara lengkap sejalan dengan komitmen AMD untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di data center, memberikan tingkat kinerja, efisiensi, dan skalabilitas baru. Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native, atau beban kerja komputasi teknis.

Director of Commercial Sales, AMD, Asia Pacific Region, Alexey Navolokin menyampaikan, bagi mereka yang menginginkan mobilitas, Ryzen PRO 7040 Series mendukung laptop komersial terbaru, memanfaatkan arsitektur AMD ‘Zen 4’ dan RDNA 3 untuk memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa kepada pelanggan. AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen khusus untuk mempercepat beban kerja AI, bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan.

Di data center, EPYC Generasi Keempat terbaru dari AMD menawarkan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan beban kerja pelanggan yang berbeda-beda. Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC Generasi Keempat untuk memberikan kinerja terdepan di industri, namun pada saat yang sama, berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik sehingga menghasilkan solusi TCO yang menarik bagi pelanggan.

Prosesor AMD EPYC 8004 Series memperluas keunggulan kinerja dan efisiensi keluarga EPYC Generasi Keempat ke pasar yang mencari kinerja bertenaga, namun juga memiliki persyaratan signifikan untuk efisiensi energi, kepadatan platform, dan pengoperasian yang senyap.

Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series untuk Mobile dengan Ryzen AI dibangun dengan teknologi 4nm terdepan di industri dan menampilkan hingga 8 core “Zen 4” dan grafis terintegrasi RDNA 3, prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series memungkinkan tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis, dengan penawaran prosesor Ryzen 7 PRO 7840U peningkatan kinerja rata-rata 17% disbanding kompetitor x86. Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840U menawarkan kinerja CPU hingga 18% lebih tinggi dan ketahanan daya baterai hingga 15% lebih baik saat konferensi video, dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.

Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series tertentu menampilkan Ryzen AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Mesin AI ini merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium. Selain itu juga menawarkan pengalaman kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya.

Kedepannya, ini diharapkan membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktivitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI. Ryzen AI membantu melengkapi laptop tertentu untuk masa depan pekerjaan dengan AI.

Sempurna untuk pekerja hybrid dan on-the-go saat ini, prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840U memberikan produktivitas canggih dan kolaborasi virtual, dengan kinerja per watt hingga 29% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor saat menjalankan benchmark Procyon Overall dan secara bersamaan menggunakan Microsoft Teams.

Selain itu, saat melakukan konferensi video di Microsoft Teams, prosesor Ryzen PRO 7840U menawarkan ketahanan daya baterai hingga 70% lebih lama dari kompetitor.

Prosesor Ryzen PRO 7000 Series yang baru menghadirkan hingga 12 core “Zen4” efisiensi tinggi dengan peningkatan frekuensi hingga 5,4 GHz, didukung oleh grafis terintegrasi berbasis arsitektur RDNA 2 untuk menghadirkan kinerja terdepan untuk beban kerja profesional termasuk peningkatan hingga 48% pada prosesor Ryzen 5 PRO 7645 dalam produktivitas PCMark 10 dan beban kerja ditengah kompetisi.

Dibangun di atas platform AMD Socket AM5, prosesor ini menawarkan dukungan untuk teknologi terbaru, termasuk memori DDR5, hingga penyimpanan PCIe 5.0, dan WiFi 6E ultra fast, yang memberikan tingkat responsif, kecepatan, dan efisiensi baru bagi para profesional. Dilengkapi dengan rangkaian lengkap fitur pengelolaan dan keamanan tingkat enterprise, prosesor AMD Ryzen dengan teknologi PRO membantu memastikan PC bekerja dengan handal, dengan fitur keamanan disertakan untuk memungkinkan produktivitas dan kolaborasi yang ditingkatkan.

Dengan teknologi AMD PRO, setiap prosesor dalam Ryzen PRO 7000 Series menghadirkan serangkaian teknologi penting untuk lingkungan bisnis yang dikelola TI. Didesain dengan mempertimbangkan pekerja hybrid saat ini, prosesor baru ini menyediakan fitur keamanan berlapis tingkat enterprise termasuk AMD Memory Guard, Secured-core PC, dan teknologi keamanan chip-to-cloud yang diaktifkan oleh Microsoft Pluton penerapan dan pengelolaan yang disederhanakan, dan jaminan kualitas yang diperlukan oleh pengambil keputusan bisnis dan TI.

AMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile terbaru yang dibangun di atas arsitektur core 7nm “Zen 3”, menawarkan kinerja yang telah terbukti dan ketahanan daya baterai yang luar biasa untuk tuntutan lingkungan kerja hybrid saat ini. Prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile juga dilengkapi dengan teknologi AMD PRO, yang memberikan keamanan berlapis dan solusi pengelolaan kelas-enterprise.

Pada komputasi desktop dan mobile, AMD menghadirkan kinerja, kemampuan, dan efisiensi yang dituntut oleh pengguna PC modern. Hari ini, AMD juga mengumumkan beragam prosesor mobile untuk laptop tipis dan ringan untuk melayani setiap jenis pengguna mulai dari pembuat konten hingga gamer kasual, dari pekerja hybrid hingga siswa. Masing-masing dibangun di atas kekuatan prosesor Ryzen, termasuk ketahanan daya baterai dan performa sesungguhnya untuk platform mobile.

Untuk pasar Indonesia, laptop bisnis bertenaga prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile dan Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series telah tersedia dari OEM terkemuka seperti Lenovo dan HP.

Dalam gelaran acara yang berlangsung hari ini, AMD juga meluncurkan serangkaian pembaruan untuk keluarga EPYC Generasi Keempat yang dirancang untuk menawarkan kepada pelanggan dengan spesialisasi beban kerja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan unik bisnis dengan performa terdepan dan efisiensi energi.

Terbarunya, prosesor AMD EPYC 97X4 Generasi Keempat, yang sebelumnya diberi kode nama “Bergamo” dan AMD EPYC Generasi Keempat dengan teknologi AMD 3D V-Cache, cocok untuk beban kerja komputasi teknis yang paling menuntut dengan teknologi AMD 3D V-Cache, CPU server x86 performa tertinggi di dunia untuk komputasi teknis. Prosesor AMD EPYC 97X4 Generasi Keempat membawa inovasi 128 core “Zen 4c” per soket, memberikan kepadatan vCPU terbesar dan kinerja terdepan di industri untuk aplikasi yang berjalan di cloud, dan memimpin efisiensi energi.

Selain itu juga, dengan memanfaatkan arsitektur core “Zen 4c” yang baru, CPU data center cloud native-optimized AMD EPYC™ 97X4 semakin memperluas prosesor EPYC 9004 Series untuk menghadirkan kerapatan thread dan skala yang diperlukan untuk komputasi cloud native terdepan.

Prosesor AMD EPYC 97X4, dengan hingga 128 core, menghadirkan kinerja throughput hingga 3,7x untuk beban kerja cloud native utama dibandingkan dengan Ampere. Selain itu, prosesor AMD EPYC Generasi Keempat, dengan core “Zen 4c”, memberi pelanggan efisiensi energi hingga 2,7x lebih baik dan mendukung hingga 3x lebih banyak container per server untuk mendorong aplikasi cloud native pada skala terbesar.

Prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dengan teknologi AMD 3D V-Cache memperluas prosesor AMD EPYC 9004 Series untuk menghadirkan CPU x86 terbaik dunia untuk beban kerja komputasi teknis seperti Computational Fluid Dynamics (CFD), Finite Element Analysis (FEA), desain elektronik otomatisasi (EDA) dan analisis struktural. Dengan hingga 96 core “Zen 4” dan cache L3 1GB+ yang terdepan di industri, prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dengan AMD 3D V-Cache dapat secara signifikan mempercepat pengembangan produk dengan memberikan pekerjaan desain hingga dua kali lipat.

Seluruh jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Keempat tersedia saat ini dan memiliki fitur dan soket yang kompatibel dengan sistem berbasis CPU AMD EPYC 9004 Series yang ada, menawarkan jalur peningkatan yang mulus.    (in)

 

 

Check Also

Logitech Signature Slim Keyboard dan Combo Keyboard, Cocok Dengan Workspace Minimalis & Serbaguna 5

Logitech Signature Slim Keyboard dan Combo Keyboard, Cocok Dengan Workspace Minimalis & Serbaguna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.