Iklan Baris Anda

XL Axiata Hadirkan Jaringan 5G di Belitung

XL Axiata Hadirkan Jaringan 5G di Belitung 1
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi (kanan) dan Head of Sales XL Axiata area Lampung – Babel, Sarroso Dwi Panggah (kiri) meninjau lokasi BTS di sekitar Bandar Udara International H.A.S. Hanandjoeddin, Belitung, Sabtu (3/9)

Belitung, (bisnisnasional.com) – XL Axiata menghadirkan layanan 5G guna mendukung acara pertemuan Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung, 7-9 September 2022. XL Axiata telah mengaktifkan jaringan 5G di sejumlah titik seperti lokasi acara di Hotel Sheraton Jalan Pantai Penarikan Dusun Timur Jaya, Tanjung Binga, Pulau Belitung dan Bandar Udara International H.A.S. Hanandjoeddin.

Bagi XL Axiata, dukungan jaringan 5G ini juga sebagai upaya menunjukkan keseriusan mempersiapkan layanan 5G di masa mendatang, sebagai bagian dari menyediakan layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat “XL Axiata Ada Untuk Indonesia”.

Group Head XL Axaita West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, Belitung merupakan salah satu winning area XL Axiata, dengan pangsa pasar terbesar sejak lebih dari 10 tahun silam. Dengan adanya event internasional DMM G20 di Belitung, pihaknya sengaja menghadirkan jaringan dan layanan 5G untuk menunjukkan kepada pelanggan dan masyarakat setempat bahwa XL Axiata semakin siap menghadirkan layanan 5G tersebut.

“Tentu kami juga berharap, layanan 5G dari kami ini akan bisa mensukseskan acara DMM G20 Belitung, yang akan bisa meningkatkan reputasi Indonesia di mata masyarakat dunia,” katanya.

Desy menambahkan, dari sisi teknis, jaringan 5G di Belitung ini menggunakan frekuensi yang ada secara dynamic spectrum sharing (DSS). Untuk dapat menikmati layanan 5G ini, peserta pertemuan atau masyarakat di lokasi layanan, perlu menggunakan smartphone 5G serta simcard yang dilengkapi uSIM. Layanan 5G ini menghadirkan keunggulan kecepatan akses internet dan data yang sangat cepat, dengan latency lebih rendah, dan jumlah kerapatan koneksi yang juga lebih banyak dari 4G. Kemampuan tersebut akan sangat membantu dokumentasi dan pengiriman data berupa dokumen, foto, hingga video serta aktivitas broadcasting yang biasanya dibutuhkan di pertemuan besar internasional.

Selain menghadirkan jaringan 5G, XL Axiata juga memperkuat jaringan 4G di Provinsi Bangka Belitung, mengingat acara pertemuan DMM G20 menjadi momentum bagi pemerintah daerah dan masyarakat provinsi tersebut untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata setempat.

Diharapkan, para delegasi pertemuan tersebut, baik dari dalam maupun luas negeri, juga akan melakukan perjalanan wisata di Bangka Belitung. Untuk itu, penguatan jaringan telah dilakukan, antara lain berupa optimasi, fiberisasi, perluasan jangkauan, hingga peningkatan kapasitas jaringan di lokasi-lokasi strategis dan destinasi wisata unggulan.

Penguatan jaringan di Bangka Belitung sebenarnya juga terus dilakukan XL Axiata sepanjang tahun, mengingat trafik layanan yang juga terus meningkat. Sejak awal tahun 2022, atau semenjak meredanya pandemi Covid-19, hingga saat ini trafik telah meningkat sekitar 110%. Peningkatan trafik diyakini akan terus meningkat seiring dengan berlakukan pelonggaran perjalanan yang diharapkan akan ikut meningkatkan kunjungan wisata dan bisnis di provinsi ini. Selain itu, peningkatan aktivitas produktif dan literasi digital masyarakat juga ikut meningkatkan pemakaian layanan XL Axiata.

Total jumlah BTS 4G XL Axiata di Bumi Laskar Pelangi ini juga terus meningkat, Hingga saat ini, total jumlah BTS 4G mencapai sekitar 2.100 unit, yang melayani seluruh wilayah di Provinsi Bangka Belitung. Jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 600 ribu pelanggan di seluruh provinsi, termasuk di Kabupaten Belitung sekitar 144 ribu pelanggan.   (in)

 

 

 

 

Check Also

Gelar Festival Film Pendek SOS 2023, IOH Kampanyekan Anti Hate Speech 5

Gelar Festival Film Pendek SOS 2023, IOH Kampanyekan Anti Hate Speech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.