Iklan Baris Anda

Tak Hanya Ojol, Senimanpun Terdampak Covid-19

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Dampak dari Corona memang ada disemua lapisan. Salah satunya yakni seniman. Dalam hal ini seniman sangat merasakan akibat wabah ini, biasanya seniman yang kebanyakan tidak mempunyai mata pencarian lain justru sangat terpukul. Hal ini dikatakan Hamid Nabhan, salah satu seniman asal Surabaya yang mengaku banyak rekannya mulai terkena dampak covid-19.

“Saya beri contoh untuk seniman musik, seperti elekton yang biasanya banyak order di acara acara pameran maupun perkawinan dengan adanya wabah tersebut orderan mereka terputus, karena tidak diperboleh menggelar acara yang membuat kerumunan, begitupulah dengan seniman yang lain seperti seni tari dan juga seni rupa,” ujarnya.

Banyak seniman yang mencari-cari order untuk menyambung hidup, seperti memperbaiki mural untuk bangunan dan terkadang tidak semua seniman beruntung mendapatkan orderan seperti itu, bahkan sebagian seniman untuk menyambung hidupnya beralih profesi berbeda dengan dunia seni hal ini untuk mencari rejeki demi keluarganya.

Menurutnya, karena dambak langsung terhadap ekonomi sehingga otomatis pembeli lukisanpun juga menahan kenginannya. Sementara itu, sebagian besar seniman merasa bingung karena yang dihadapi secara lansung kebutuhan yang menyangkut perut, yang menyangkut hidup baik bagi senimannya maupun bagi keluarga yang merupakan tanggung jawab si seniman itu.

Kalau Hamid sendiri banyak berdiam dirumah berkarya dan menyelesaikan tulisan tulisan yang selama ini belum rampung. Pria yang juga memiliki bisnis keluarga bidang percetakan ini mengambil hikmah dari keadaan tersebut.

“Sebenarnya saya merasa prihatin pada rekan seniman. Saya berharap semoga wabah ini cepat berahir dan kondisi kembali seperti semula dan juga memohon kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan para seniman, seperti perhatian pemerintah kepada ojek online (ojol) yang kami acungi jempol dan semoga itu juga lebih diterapkan kepada para seniman. yang juga sama menderitanya akibat dari wabah ini,” pungkasnya. (*)

Check Also

Skin.guru, Sahabat Wanita Untuk Tampil Glowing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.