Iklan Baris Anda

Serunya Lomba Masak Sup Pangsit Jepara ala Kartini Modern

Proses masakmercure_edit

Surabaya, (bisnisnasional.com) -Dalam rangka menyambut hari Kartini 21 April besok, Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya mengadakan lomba memasak. Pesertanya adalah karyawan dari beberapa divisi yang dibagi menjadi 4 team masing-masing 5 orang dan semua adalah perempuan. Peserta diwajibkan memakai kebaya yang kemudian diberi nama team Mawar, Edelweis, Lily dan Sedap Malam.

Eksekutif Chef, Zakaria mengatakan, untuk makanan yang dilombakan adalah Sup Pangsit Jepara. Mengapa tema yang dipilih adalah Sup Pangsit Jepara? Karena makanan ini pada jaman dahulu adalah makanan yang dibuat sendiri oleh ibu Kartini sebagai hidangan untuk keluarganya. Selain menggunakan bahan lokal dan mudah cara memasaknya, juga sudah menjadi hidangan merakyat sampai sekarang.

Mercure sup_edit

“Bahan lokal yang dipakai diantaranya udang, telur, ayam (kaldu), soun, garam, merica, bawang prei, seledri, wortel, jamur kuping, kembang sedap malam kering, kacang polong dan minyak goreng,” terangnya.

Sebelum dimulai lomba, Chef Zakaria melakukan demo masak sebagai contoh. Langkah awal udang yang sudah diambil dagingnya diulek hingga halus, kemudian telur dikopyok dan digoreng jadi telur dadar tipis. Lalu daging udang halus diratakan diatas telur dadar dan ditaburi merica selanjutnya digulung.

“Untuk kuahnya, ayam yang sudah diiris tipis-tipis direbus sampai setengah matang (sebagai kaldu). Kemudian diikuti bahan lainnya yang sudah diiris seperti soun, wortel, jamur kuping, kembang sedap malam kering, bawang prei dan seledri. Untuk rasa yang pas tidak lupa ditambahkan garam dan merica,” terangnya.

Untuk waktunya 30 menit, peserta mengambil bahan-bahan yang disediakan oleh panitia dengan cara berebut. Pemandangan yang seru, saat mereka berebut menggunakan pakaian kebaya dan memakai high heels berlarian estafet mengambil bahan yang berada dibelakang meja peserta.

Selanjutnya, peserta mengulek daging udang, mengiris daging ayam, hingga memotong sayur. Suasana riuh saling berebut bahan bahkan saling debat langkah mana yang harus didahulukan tidak terelakkan. Mereka pun menuntaskan proses memasaknya.

Saat itu juga juri memberikan penilaian. Sebagai kriteria pemenang, masakan dinilai dari rasa, tampilan, ketepatan waktu, serta kebersihan. Team Edelweis sebagai juara 1, Sedap Malam juara 2, Mawar juara 3, dan Lily sebagai juara 4. Acara yang memang dikhususkan untuk wanita ini berlangsung meriah dan seru. (lenny)

Check Also

Quest Hotel Darmo Punya Kolam Renang Terbuka Untuk Santai Ria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.