Iklan Baris Anda

Ramadan dan Lebaran , Jaringan 4G XL Axiata Siap Layani Masyarakat Jatim

Ramadan dan Lebaran , Jaringan 4G XL Axiata Siap Layani Masyarakat Jatim 1
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kiri) dalam acara Safari Ramadhan XL Axiata East Region Surabaya, Rabu (5/4)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – XL Axiata pastikan performa jaringan 4G di seluruh area Jawa Timur. Penguatan jaringan data terus dilaksanakan sepanjang tahun sebagai upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal, termasuk di kala musim liburan Panjang Lebaran. Saat ini, di Provinsi Jawa Timur, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 2.800 desa/kelurahan di 620 kecamatan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang istimewa bagi XL Axiata. Sepanjang dua tahun terakhir, pengembangan dan penguatan jaringan serta fiberisasi kami lakukan secara gencar di Jawa Timur.

“Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan trafik yang signifikan. Trafik data di seluruh Jawa Timur terus meningkat hingga 41% dalam dua tahun terakhir,” katanya saat Safari Ramadhan East Region Surabaya di Kantor XL Axiata, Rabu (5/4).

Sementara itu, Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, menambahkan, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan di Jawa Timur tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang lebaran, namun memang secara terus menerus dilakukan penguatan jaringan ke semua area layanan seiring dengan terjadinya peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Penguatan jaringan juga mencakup jalur mudik via jalan tol Trans Jawa, jalur non tol, dan area-area wisata di Jawa Timur juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran.

Pihaknya memperkirakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Ngawi. Untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah XL Axiata siapkan, antara lain melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru serta telah menyiapkan tidak kurang dari 21 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

“Dalam dua tahun terakhir, trafik data di Jawa Timur tumbuh sebesar lebih dari 41%. Saat ini, total pelanggan mencapai lebih dari 5 juta, yang dilayani dengan sekitar 18.500 BTS termasuk di antaranya sekitar 11.500 BTS 4G. Hal ini menunjukkan jaringan 4G di sana dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Untuk itu, XL Axiata terus melakukan penambahan BTS 4G hingga sekitar 1.800 unit dalam dua tahun terakhir,” katanya.

Saat ini hanya kualitas layanan yang akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik bagi masyarakat luas, karena layanan yang berkualitas akan bisa memberikan manfaat untuk menunjang aktivitas produktif. “Untuk itulah kami akan terus membangun jaringan data, baik untuk ekspansi maupun untuk meningkatkan kualitas sinyal,” tutup Dodik.   (in/bsn)

 

 

Check Also

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 17% Sepanjang Perayaan Idulfitri 5

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 17% Sepanjang Perayaan Idulfitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.