Iklan Baris Anda

Optimalkan Masyarakat Dengan Ekonomi Digital, XL Axiata Resmikan DDN

Peresmian Desa Digital Nusantara (DDN) di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Kamis (16/12)

Karawang, (bisnisnasional.com) – Desa Digital Nusantara (DDN) milik XL Axiata adalah program yang bertujuan mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital ke seluruh eleman kehidupan di desa. Peluncuran berlangsung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Kamis (16/12).

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, Desa Digital Nusantara merupakan bagian dari program keberlanjutan XL Axiata dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih digital. Didesain untuk direplikasi ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. “Implementasi program ini sekaligus menjadi wujud dukungan kami kepada upaya pemerintah mengakselerasi adopsi digital oleh masyarakat hingga ke pelosok pedesaan,” ujarnya.

Program DDN ini akan berkelanjutan. XL Axiata berkomitmen membantu pemerintah meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan seiring pembangunan jaringan internet 4G yang semakin luas. Sasaran pertama adalah Desa Tanjung Pakis yang berlokasi di pesisir Utara Kabupaten Karawang. Pihak XL Axiata mendapatkan dukungan dari KKP, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kabupaten Karawang. Juga dari Google Indonesia dan Facebook Indonesia.

Desa di Tanjung Pakis ini menjadi pilihan karena memiliki potensi besar untuk maju di era digital, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu juga menjadi lokasi landing station Sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) Echo. SKKL ini dibangun secara bersama oleh Facebook (Meta), Alphabet Google, dan XL Axiata. Pada tahap awal ini, Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi.

Akvititas edukasi akan berupa Kelas Inkubasi Sisternet bagi warga perempuan pelaku UMKM. Ada enam sesi dengan sasaran peserta warga perempuan yang merupakan pelaku atau pengelola UKM. Selanjutnya edukasi dan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara. Ini memudahkan nelayan menangkap ikan di laut melalui fitur yang bisa menunjukkan titik-titik lokasi keberadaan ikan. Sasaran edukasi juga meliputi para pelajar warga setempat. Akan digelar kelas kepemimpinan yang mengadopsi materi pembelajaran dari XL Axiata Future Leaders (XLFL).

Untuk lebih memudahkan warga Desa Tanjung Pakis mengakses interner, XL Axiata juga akan memasang WiFi di titik strategis di seputar desa. Kualitas jaringan data dan internet XL Axiata di desa ini sangat baik yang didukung oleh BTS 4G di sekitar desa. Program DDN juga meliputi perbaikan salah satu pesantren di desa Tanjung Pakis, yaitu Pesantren Al Ibtida.

“Kami juga memberikan donasi router dan kuota internet gratis selama setahun bagi enam sekolah, mulai SD, SMP, dan Pondok Pesantren. Lalu, donasi 15 laptop kepada sekolah-sekolah yang sama,” tutup Marwan  (in/bsn)

Check Also

JNE dan POLRI Tandatangani Kerjasama Pengawasan Peredaran Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.