Iklan Baris Anda

Melalui Platform Pinjaman Digital, IOH Siap Berdayakan Masyarakat Lokal Mandalika

Melalui Platform Pinjaman Digital, IOH Siap Berdayakan Masyarakat Lokal Mandalika 1
Director & Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Buldansyah (dua dari kiri), Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (tengah), Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya (dua dari kanan), SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang (kiri), SVP-Head of Region East Java & Bali Nusra IOH, Soejanto Prasetya (kanan), dan perwakilan penerima manfaat dari Kelompok UMKM dan Nelayan, saat berfoto bersama setelah peluncuran program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di Desa Kuta, Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (11/3)

Mandalika, (bisnisnasional.com) – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat di Indonesia di antaranya melalui program pemberdayaan komunitas berkelanjutan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sebagai destinasi super prioritas dan tuan rumah pergelaran MotoGP Series 2022, program pemberdayaan ini dilakukan agar masyarakat lokal disana dapat mengembangkan usahanya seiring perkembangan daerah setempat yang cukup pesat.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan UMKM setempat melalui bantuan modal dari platform pinjaman digital Indosat Ooredoo Hutchison, yaitu UCan (berkolaborasi dengan Bank QNB Indonesia) dan Bima Kredit (berkolaborasi dengan Maucash). Acara peluncuran resmi ini dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarna, serta Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah.

Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, mengatakan, pihaknya turut bangga atas terpilihnya Mandalika sebagai salah satu tuan rumah perhelatan MotoGP Series 2022. Kesiapan infrastruktur, termasuk jaringan komunikasi, dan masyarakat setempat perlu didukung penuh demi kesuksesan acara tersebut yang tentunya akan menjadi kebanggaan warga Indonesia. “Kami turut mengambil peran dalam pemberdayaan komunitas dan UMKM lokal yang berkelanjutan di Mandalika untuk memaksimalkan potensi usaha dan pariwisata setempat dengan bantuan dan pelatihan usaha dari UCan dan Bima Kredit,” ujarnya.

Program ini berlangsung selama 6 bulan hingga September 2022, dengan menargetkan ratusan penerima manfaat. Selain memberikan bantuan modal kepada usaha masyarakat setempat, pihak Indosat Ooredoo Hutchison juga memberikan pelatihan terkait literasi digital dan keuangan yang turut mencakup wawasan mengenai cara memanfaatkan pinjaman digital dengan baik.

Indosat Ooredoo Hutchison berupaya untuk melakukan peningkatan jaringan di kawasan Mandalika dengan mempersiapkan kapasitas layanan data hingga 1,5 Gbps serta melakukan optimalisasi pada sites setempat termasuk mengoperasikan Mobile BTS (MBTS) dengan multi-operator core network (MOCN) untuk pengalaman komunikasi terbaik di kawasan tersebut. “Upaya ini juga merupakan bentuk komitmen Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemerintah untuk rangkaian pergelaran MotoGP Series 2022 di Mandalika,” imbuh Buldansyah.

Sementara itu Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarna, mengatakan, pihaknya mengapresiasi komitmen dan kesiapan Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung kelancaran pergelaran MotoGP Series 2022 di kawasan Mandalika melalui penggelaran jaringan telekomunikasi. “Kami berharap masyarakat dapat meningkatkan pemanfaatan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun di kawasan ini. Apa yang telah dilakukan oleh Indosat Ooredoo Hutchison dengan meningkatkan kapasitas bandwidth dan kesiapan BTS seluler untuk memenuhi demand data diharapkan dapat merealisasikan harapan-harapan ini,” ungkapnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah turut menyampaikan, pembangunan tidak selalu identik dengan commodity center approach, indicated only by number, namun sejatinya adalah pertumbuhan ekonomi yang disertai perubahan dan merupakan proses besar untuk meng-upgrade kemampuan masyarakat. “Atas nama Pemerintah Provinsi NTB dan Pemda Kabupaten Lombok Tengah mengucapkan terima kasih kepada Indosat Ooredoo Hutchison. Mudah-mudahan masyarakat kami betul-betul terbantu dengan hadirnya program seperti ini,” jelasnya.   (in/bsn)

Check Also

Fenomena "Warung Madura" Buka 24 Jam, KPPU Panggil Stakeholder Terkait 5

Fenomena “Warung Madura” Buka 24 Jam, KPPU Panggil Stakeholder Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.