Iklan Baris Anda

Manfaatkan Limbah Jadi Barang Bernilai Tinggi

Manfaatkan Limbah Jadi Barang Bernilai Tinggi 1
Ketua PKBM Insan Cerdas Indonesia, Yuni Puspitasari, S.Si bersama Director of Human Resources Hotel Ciputra World Surabaya, Treti C. Kusumawardani (tengah) memamerkan produk recycle dari linen bekas dalam acara Kreatif Selamanya 2023 di Royal Plaza Surabaya, Kamis (8/6)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – PKBM Insan Cerdas Indonesia – IC School kembali menggelar acara tahunan yakni Kreatif Selamanya 2023 Jilid sembilan selama dua hari, 8 & 9 Juni di Royal Plaza Surabaya.
Ketua PKBM Insan Cerdas Indonesia, Yuni Puspitasari, S.Si menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang ekspresi pelajar kreatif Indonesia dengan mengusung tema “Memayu Hayuning Bawana Ambrasta Dur Angkara”.

“Setelah 3 tahun vakum karena kondisi pandemi, sekarang kami gelar kembali acara ini. Kali ini Kreatif Selamanya membawa tema besar yaitu Tri Hita Karana, filosofi dari Bali yang artinya tiga penyebar kebahagiaan yaitu harmonisasi dengan alam, sesama manusia, dan Tuhan,” katanya.

Sementara itu Director of Human Resources Hotel Ciputra World Surabaya, Treti C. Kusumawardani menyampaikan, pihaknya turut bergabung dalam acara ini karena sebelumnya telah mengikuti workshop di bulan Mei. Kemudian mensupport linen sebagai bahan dasar pembuatan tas yang dipamerkan dalam acara kali ini. “Salah satu campaign yang kami lakukan adalah mengenai recycle tekstil. Maksudnya limbah sprei dan sarung
bantal dari hotel kami akan didaur ulang dan dikreasikan kembali dengan teknik sibhori sehingga berubah bentuknya dan nilai ekonomisnya keluar lagi,” ujar Treti.

Ia berharap dari kegiatan ini bisa mengajak hotel-hotel lainnya khususnya Surabaya bahwa dari limbah hotel bisa dikreasikan kembali hingga punya nilai ekonomis.

“Kegiatan seperti ini sebelumnya juga sudah kami lakukan. Bekerjasama dengan UMKM, limbah linen kami berikan dan mereka ubah dengan teknik sibhori atau ecoprint menjadi tas bahkan juga dibuat kain batik, sehingga limbah hotel bisa tersalurkan,” tegas Treti.

Yuni menambahkan kegiatan hari ini menggandeng OJK dan Dinas Pendidikan Surabaya. Selain pameran juga ada talkshow literasi keuangan, serta talkshow tentang lingkungan. “Harapannya para siswa dalam kegiatan ini nantinya lebih percaya diri dengan karya mereka sendiri,” tutupnya. (in)

 

 

 

Check Also

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel 5

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.