Iklan Baris Anda

Lazada Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Jatim

Lazada Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Jatim 1
Kiri ke kanan : SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr. Andromeda Qomariah, Penjual UMKM Lazada dari Jawa Timur, Fajar Bastian saat acara bincang media bersama Lazada, Selasa (9/8)

Sidoarjo, (bisnisnasional.com) – Sebagai salah satu eCommerce di Indonesia, Lazada mengembangkan jaringan dan infrastruktur logistik melalui unit bisnisnya yakni Lazada Logistic.

SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro menyampaikan, perluasan dan pengembangan infrastruktur tersebut didukung teknologi canggih di ekosistem Lazada. “Kehadiran Lazada Logistic membuka ribuan lapangan kerja di Jatim, sebut saja jadi mitra logistik, kurir, hingga karyawan gudang,” ujarnya.

Lazada Logistic memiliki tujuan meningkatkan efisiensi bisnis dari brand dan penjual dalam ekosistem Lazada. Di Indonesia terdapat lebih dari 150 hub dan 15.000 lebih karyawan kurir yang mendukung operasional logistik. Salah satu layanannya adalah Fulfillment by Lazada (FBL), untuk pemenuhan menyeluruh mulai warehousing, pengemasan hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Menyambut Hari UMKM 2022, Lazada perkuat pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Jawa Timur (Jarim) karena merupakan salah satu provinsi strategis dalam upaya Lazada memberdayakan talenta yang ada di ekosistem ekonomi digital.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Timur, Dr Andromeda Qomariah M.M menerangkan, sektor usaha di Jatim memang didominasi UMKM dengan total 9,87 juta menurut sensus ekonomi dan pertanian. “Berdasar data BPS, 62% tenaga kerja bergerak dibidang informal. Meski begitu, sebagian besar UMKM Jatim membutuhkan bimbingan untuk bisa menjadikan platform digital sebagai pendukung pertumbuhan bisnis mereka,” ujarnya, Selasa (9/8) di Luminor Hotel Sidoarjo.

Ia menambahkan, berdasar data Dinas Koperasi dan UKM, kontribusi koperasi dan UKM terhadap perekonomian Jatim memcapai 57,81% tahun 2021.

Sementara itu Ketua Komunitas (City Leader) Lazada Club Sidoarjo, Fajar Bastian mengatakan, Lazada sebenarnya memudahkan penjual yang ingin berkembang didunia digital. Pihaknya di Lazada Club menawarkan wadah untuk sharing session dan mentoring dari sssama penjual. “Harapannya, akan lebih banyak pelaku UMKM di Jatim berani memulai jualan online,” tuturnya.

Layanan pemenuhan logistik menyeluruh bisa dimanfaatkan oleh enabler eCommerce ataupun brand dan penjual yang memiliki toko diberbagai platform melalui Multi Channel Logistic (MCL). “Kami harap bisa terus memperluas jaringan Lazada Logistic di Indonesia khususnya Jatim untuk membantu brand dan penjual lokal memperluas bisnis mereka,” pungkas Haikal.  (in)

Check Also

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel 5

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.