Iklan Baris Anda

Kolaborasi, Kunci Sukses UMKM Surabaya

Kolaborasi, Kunci Sukses UMKM Surabaya 1
webinar JNE Ngajak Online – Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Surabaya, Selasa (14/6)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) bersama para pemangku kepentingan lainnya di Indonesia tengah mendorong pelaku UMKM meningkatkan kapasitasnya dalam mewujudkan keberlanjutan usaha yang mapan dan inovatif. Upaya tersebut didukung oleh perusahaan ekspedisi, JNE Surabaya melalui webinar JNE Ngajak Online – Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Surabaya yang dihadiri oleh lebih dari 170 UMKM setempat.

Branch Manager JNE Surabaya, Ninil Indrasari menyatakan, di era post normal tantangan bagi UMKM semakin luar biasa, pihaknya meyakini mereka harus mengadaptasi tren yang sedang terjadi dan perlu mengikuti perkembangan teknologi agar mampu tumbuh dengan baik. Kolaborasi JNE bersama UMKM sekitar dengan objektif mendorong perbaikan manajemen bisnis UMKM untuk meningkatkan revenue UMKM tersebut.

“Kami sudah terbuka atas beberapa program kolaborasi seperti mengadakan workshop gratis. Kebutuhan workshop ini kami sesuaikan dengan kebutuhan UMKM yang dijembatani beberapa komunitas,” katanya.

Owner Anake Wayan Ameni Sukses, Kadek Dedy Andriyanto mengatakan, usaha yang dijalankan bergelut di sektor F&B dan telah menguasai kanal digital sejak 2018 lalu, saat pandemi melanda bukan jadi tantangan besar baginya. 2020 lalu ia tetap berfikir positif untuk jualan. Melalui Instagram, Facebook, dan beriklan, dirinya selalu bisa mencapai target di musim lebaran. Salah satu kunci suksesnya adalah mampu mengadaptasi peluang yang ada. “Di tengah krisisnya pandemi, kami berinovasi untuk memasarkan frozen food dan masker. Dua produk yang sangat tinggi peminatnya di tengah masa itu,” kenangnya.

Sementara itu, Owner Private Footwear Store, Krisnayanti memaparkan, saat pandemi kemarin, bisnisnya terkena dampak yang signifikan terutama terjadi perubahan perilaku konsumen yang menjadi tantangan bagi UMKM. Namun ini tidak membuatnya berhenti produktif. Ia mengawali Private Footwear dari tugas kuliah yang dijalani bersama rekan-rekannya. Saat ini telah sukses merambah konsumen di seluruh Indonesia melalui kolaborasi.

“Pandemi menjadi peluang untuk bisa melakukan riset dan sharing dengan teman-teman bisnis. Kami pun mengikuti pelatihan bisnis. Selain mendapat ilmu dan relasi, kami juga mendapat kesempatan berkolaborasi dengan brand lain,” kenang Ina.

Kadek dan Ina adalah dua pegiat UMKM yang saat ini telah sukses menggaet konsumen tak hanya di Surabaya namun juga di seluruh Indonesia. Keduanya telah membagikan pengalamannya membangun bisnis di era pandemi. Sebagai UMKM dengan volume pengiriman yang tidak sedikit, keduanya mengungkap rasa syukur atas kolaborasi yang terjalin dengan JNE.

“Selain memiliki beberapa program kolaborasi berupa workshop, JNE juga menyediakan layanan gratis jemput paket bagi seluruh UMKM di Surabaya tanpa minimal berat,” imbuh Niniel.

Dukungan lain yang diberikan JNE bagi keberlangsungan UMKM Surabaya adalah layanan e-fulfillment, program keanggotaan JNE Loyalty Card (JLC) dengan berbagai ragam hadiah, same day delivery, serta potongan harga berkala di musim-musim tertentu. Selain itu, JNE juga kerap mengadakan forum bersama UMKM untuk berbagi wawasan bisnis terkini.

Sebagai informasi, Surabaya merupakan kota ke-18 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online. Pada 2022 ini akan dilakukan di 59 kota di seluruh Indonesia. Setelah Surabaya, roadshow berikutnya hadir di Kota Bandar Lampung pada 17 Juni mendatang.   (in/bsn)

Check Also

PLN NP Bersama Pemkab Jeneponto Manfaatkan Limbah Jagung Bonggol Produksi Energi Hijau 5

PLN NP Bersama Pemkab Jeneponto Manfaatkan Limbah Jagung Bonggol Produksi Energi Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.