Iklan Baris Anda

Jualan di TikTok, UKM Binaan PLN Raup Belasan Juta

Jualan di TikTok, UKM Binaan PLN Raup Belasan Juta 1
Sale Pisang Barsah, Salah satu produk hasil UKM binaan PLN

Probolinggo, (bisnisnasional.com) – Belakangan, media sosial (medsos) semakin berkembang fungsinya seperti yang dilakukan oleh salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan PLN yang berada di Desa Patemon Kecamatan Krejengan, Probolinggo ini. Sale Pisang Barsah berdiri sejak 2014 dan kini memasarkan produknya lewat TikTok hingga meraup belasan juta rupiah perbulan.

UKM yang beranggotakan sepuluh orang ini, menjadi binaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) sejak pertengahan tahun ini. PLN UIT JBM akan terus melakukan pembinaan untuk pengembangan sehingga kedepannya dapat lebih maju dan mandiri.

General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan menerangkan, pihaknya memiliki tanggung jawab mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki masyarakat di sekitar aset perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL). Salah satunya UKM Sale Pisang Barsah di Probolinggo. “Kami akan terus mencari potensi yang bisa dikembangkan baik dari segi sosial, lingkungan maupun ekonomi,” terangnya.

Ketua Kelompok Sale Pisang Barsah, Wasilah mengutarakan bahwa pemasaran sale pisang tidak hanya dari market place dan penitipan pusat oleh-oleh, namun juga dari media sosial yang digemari dari semua kalangan (Facebook, Instagram, TikTok). Keuntungan yang diperoleh setiap bulannya kurang lebih mencapai 15-20 juta dan tak kurang dari 75% keuntungan tersebut berkat dari pemasaran melalui TikTok. Untuk dalam negeri produknya sudah dijual dari Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara hingga Kalimantan.

“Produk kami juga sudah sampai Singapore dan Jepang sebagai oleh-oleh. Bantuan yang diberikan PLN kemarin pun kepada kelompok kami sangat bermanfaat untuk perkembangan usaha kami”, jelasnya.

Ia berharap untuk kedepannya Sale Pisang Barsah dapat dinikmati hingga mancanegara dan menambah tenaga kerja. “Kami ingin produk ini dapat di ekspor ke luar negeri agar bisa membanggakan Indonesia khususnya Kabupaten Probolinggo. Tahun depan kami sedang upayakan dapat masuk ke toko-toko perbelanjaan,” lanjutnya.

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul sangat mendukung pengembangan UKM yang ada di wilayahnya. Ia berharap UKM dapat terus maju dan mandiri kedepannya sehingga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Melalui PLN Peduli kepada UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu wujud kolaborasi yang amat baik antara Pemerintah Daerah dan Instansi untuk kemajuan masyarakat,” tutupnya.   (in)

 

 

Check Also

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel 5

Jaga Pasokan Listrik, PLN NP Siagakan 2923 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.