Iklan Baris Anda

Hyundai Hadirkan Dua Mobil Listrik, Kona dan Ioniq

Hyundai Hadirkan Dua Mobil Listrik, Kona dan Ioniq 1
Welly Setiawan, Area Manager PT Sun Mega Motor menunjukkan Hyundai Kona dan Ioniq

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Kemajuan Teknologi turut berdampak pada industri otomotif khususnya roda empat. Di era digital saat ini, beberapa ATPM sudah membuat kendaraan elektrik, salah satunya adalah Hyundai Motors Indonesia yang memperkenalkan Kona dan Ioniq elektrik.

Kendaraan ramah lingkungan berbasis tenaga listrik saat ini sedang dikampanyekan dengan tujuan di masa depan nanti pengguna kendaraan BBM beralih ke kendaraan listrik. Hal tersebut sesuai dengan program Pemerintah yang mencanangkan kampanye ramah lingkungan.

Area Manager PT Sun Mega Motor Hyundai Surabaya, Welly Setiawan mengatakan, dua mobil elektrik yang dihadirkan memiliki segmen berbeda. Kona elektrik lebih ke SUV medium, sementara Ionic mewakili kenyamanan dan kemewahan sebuah sedan. “Secara performa, Kona lebih baik tetapi untuk jarak tempuhnya Ioniq punya masa baterai lebih panjang,” katanya.

Welly menambahkan, mobil listrik dari Hyundai ini punya tiga metode pengisian baterai, pertama ada low charging menggunakan portable charging yang sudah satu paket dengan pembelian mobil. Durasi pengisian baterai dari 0-100% sekitar 17 jam 30 menit.

Kedua yaitu medium charging yang biasanya menempel di dinding (Wall Mount Charging), pengisian dari 0-100% butuh waktu sekitar 5 jam 40 menit. Dan terakhir adalah fast charging dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam (sekitar 55 menit). Namun untuk fast charging sementara hanya tersedia di PLN.

Ia mengklaim sekali charging hingga penuh, Ioniq mampu menempuh jarak 311 km. Sementara Kona hanya sampai 296 km. “Kalau pakai charger portable, minimal tegangan listrik rumah sebesar 2200 kWh. Di Surabaya, SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) sudah ada dua yaitu di Jl Embong Ungu dan Jl Dr Soetomo,” tambahnya.

Ditanya mengenai harga kedua mobil listrik tersebut, Welly menjelaskan untuk Kona Electrik dijual Rp 695.800.000 sementara Ioniq Prime adalah Rp 644.300.000 dan Ioniq Signature seharga Rp 684.400.000 OTR Surabaya.

“Karena mobil ini masih built up, kebetulan di dealer kita tersedia test car, stok car dan display. Masing masing tipe baik Kona dan Ioniq ada 10 unit dari gabungan semua dealer di Surabaya. Jadi jika ada yang beli, kita sudah ready,” pungkas Welly saat ditemui dikantor baru Sun Mega Motor Surabaya. (indra)

Check Also

Pandemi, Pameran Otomotif Digelar Virtual dan Offline 5

Pandemi, Pameran Otomotif Digelar Virtual dan Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *