Iklan Baris Anda

25 Tahun PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir Menyongsong Masa Depan

25 Tahun PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir Menyongsong Masa Depan 1
Suasana kegiatan bongkar muat di area Terminal Petikemas Surabaya (TPS)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – 2024 menjadi memontum perjalanan 25 tahun PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Anak usaha dari Pelindo Terminal Petikemas, yang berdiri sejak 29 April 1999, mengusung tema JUARA untuk memaknai perjalanan seperempat abadnya. Tema ini menjadi manifesto tentang perjalanan, langkah serta tujuan TPS menyongsong masa depan.

Tema JUARA merupakan akronim dari Journey to Unleash Adaptability, and Resilient for higher Achievement. Perjalanan TPS akan terus berlanjut, beradaptasi dalam berbagai situasi dan tantangan, untuk menjadikan TPS tangguh guna pencapaian yang lebih tinggi.

Selama 25 tahun perjalanan TPS, banyak milestones atau tonggak sejarah serta tantangan yang ditempuh dan berhasil dihadapi oleh perusahaan, Setiap milestones tersebut telah membawa TPS sampai pada titik saat ini, menjadi salah satu pemeran penting logistik nasional dan juga internasional.

Di saat awal pengoperasian bersama mitra strategis Pelindo III, yang mana saat itu Pelindo III merupakan pemagang saham mayoritas di perusahaan, arus petikemas (throughput) yang ditangani TPS sebesar 891.429 TEU’s. Pada tahun 2004 untuk pertama kalinya TPS berhasil mencapai throughput di atas 1 juta TEU’s, yaitu sebesar 1.078.544 TEU’s, dan terus bertambah hingga saat ini berada di kisaran 1.4 juta TEU’s.

25 Tahun PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir Menyongsong Masa Depan 2
PT Terminal Petikemas Surabaya tampak dari atas    (dok TPS)

Mengunakan sistem operasional berbasis mainframe bernama SIPMAS yang masih semi manual, yang kemudian pada tahun 2000 bertransformasi menggunakan TOP O TOP X yang berbasis Windows.Menguatkan sistem layanan operasional, TPS juga melakukan beberapa pengembangan sistem yang kesemuanya bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat layanan, antara lain dengan mengurangi Port Stay dan Cargo Stay.

Beberapa transformasi bisnis yang dilakukan TPS adalah Gate Automation, Behandle Management, Integrasi dengan National Single Window (NSW), layanan kereta api, dan layanan Container Damage Report (CDR) Online, dan Layanan Fumigasi dan Pemeriksaan Kulit Mentah garaman.

Langkah penyelarasan sebagai Anak Perusahaan Pelindo Terminal Petikemas, dilakukan sebagai pengembangan berkelanjutan dalam rangka peningkatan layanan melalui standarisasi layanan berbasis planning and control.

Tidak hanya fokus pada layanan operasional yang menjadi core perusahaan, TPS juga melakukan penataan sistem pembayaran berbasis digital online guna menjamin transparansi dan penerapan GCG di perusahaan. Di tahun 2013 TPS melakukan pengembangan sistem pembayaran e-payment yang disebut Fastpay (Fast, Accurate, Secure and Traceable Payment System). Sistem pembayaran e-payment ini dilakukan guna memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kepelabuhanan dalam melakukan pembayaran dan pada tanggal 1 Mei 2017 sistem tersebut telah diberlakukan secara penuh.

Pengembangan layanan operasional kembali dilakukan melalui Clique 247 dan Web Access nya pada tahun 2019. Pelanggan TPS dapat melakukan booking atau transaksi secara online dimanapun dan kapanpun. TPS juga menyediakan Customer Service yang bekerja selama 24 jam dan 7 hari untuk melayani keluhan Customer jika mengalami kendala pada saat transaksi atau booking.

Perkembangan bisnis tentunya harus berjalan beriringan dengan tanggungjawab sosial perusahaan. Tanggung jawab yang mencakup tiga konsep Utama, yaitu Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola Perusahaan).
Untuk konsep lingkungan, beberapa langkah telah dilakukan TPS, untuk mengurangi emisi karbon, antara lain dengan pemasangan panel surya di beberapa titik di lokasi perusahaan yang dilakukan mulai tahun 2012 dan berlanjut hingga tahun 2021. Sementara elektifikasi peralatan juga telah dilakukan dimulai pada tahun 2016 untuk peralatan Container Crane (CC) dan saat ini masih berlangsung proses elektrifikasi untuk Rubber Tyred Gantry (RTG).

Penanaman mangrove di area pelabuhan dilakukan pada tahun 2010. TPS tidak hanya menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem pantai dengan menahan erosi tanah, menyediakan lindungan dari badai, serta menyaring polutan dari air laut.

Saat ini hutan mangrove di area TPS tumbuh subur dan bahkan TPS telah membuat pembibitan mangrove, yang bibitnya dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang memerlukan guna mendukung gerakan penghijauan dan lingkungan. Area dalam wilayah kerja yang selama ini tidak produktif, telah dijadikan area hijau dengan dilakukannya penanaman 1000 pohon buah.

Peningkatkan kesehatan masyarakat, sebagai wujud konsep sosial penerapan ESG di perusahaan, terutama dalam penurunan angka stunting di kota Surabaya, juga menjadi fokus TPS. Program Balita Asuh TPS adalah bentuk upaya yang dilakukan untuk menuntaskan angka stunting di Kecamatan Krembangan yang merupakan area ring satu TPS.

Penyediaan sarana dan kemudahan akses untuk mendapatkan air bersih serta sarana MCK menjadi menjadi salah satu bentuk perhatian TPS kepada masyarakat untuk meningkatan kesehatan dan sanitasi.

Komitmen TPS untuk menciptakan area Pelabuhan yang bersih dari praktek pungli terlihat dari gencarnya kampanye pelabuhan bersih serta penerapan Kebijakan dan Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Sejak pendiriannya, TPS teguh dengan komitmen penerapan tata kelola yang kemudian di kuatkan kembali Permen BUMN pada tahun 2020.

25 Tahun PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir Menyongsong Masa Depan 3
Kapal kapal pengangkut petikemas (dok TPS)

Rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun ke 25 TPS diawali dengan acara Lomba Menghias Kue Tart yang diikuti oleh Pekerja Perempuan TPS bersama para Bunda dari Balita Asuh TPS. Dalam kegiatan ini juga di adakan penyuluhan dokter spesialis anak sebagai bentuk edukasi bagi para Ibu berkaitan dengan pola makan anak dan kiat menghadapi anak yang sulit makan.

Dilanjutkan dengan kegiatan Fun Trekking pada hari Sabtu, 27 April 2024 yang melibatkan para stakeholder – instansi terkait seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Bea dan Cukai, Mitra Perbankan serta Mitra Kerja yang selama ini telah mensupport kegiatan operasional TPS. Kegiatan ini dilakukan di Kebun Raya Purwodadi dan dilakukan penanaman 100 pohon, yang selain bertujuan untuk penghijauan juga untuk mengajak stakerholder TPS untuk bersama-sama lebih peduli pada lingkungan.

Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo mengatakan, menandai peringatan ulang tahun tentunya ungkapan syukur dipanjatkan kepada Sang Pencipta melalui kegiatan Tasyakuran tepat pada tanggal 29 April 2024, dilanjutkan dengan silaturahmi bersama para stakeholder, customer dan mitra dalam kegiatan Open House.

“Kemeriahan peringatan ulang tahun ini dipamungkasi dengan acara Pasar Rakyat TPS, pada tanggal 3 Mei 2024, yang dikemas dalam nuasa tahun 90’an,” katanya.

Acara ini menjadi momentum bagi manajemen TPS untuk mengucapkan terima kasih pada seluruh TPS Familia – demikian sebutan bagi pekerja TPS – atas dedikasi, kontribusi serta semangat seluruh TPS Familia hingga menjadikan TPS seperti saat ini.

“Kepada pekerja terbaik, disampaikan penghargaan khusus dan dinobatkan sebagai TPS Idol, demikian juga penghargaan bagi unit kerja yang menang dalam lomba Eco Workplace,” imbuh Wahyu.

Ditambah hiburan musik dan tarian yang menggambar keragaman budaya nusantara dan lagu dari era 90’ an hingga saat ini, serta display photo perjalanan TPS dari masa ke masa, seakan membawa hadirin ke dalam perjalanan lini masa dalam suasana meriah dan penuh keakraban yang hangat.

“Kami bersukur atas capaian TPS hingga saat ini. dan kami berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, kepada seluruh TPS Familia, mitra, dan pelanggan TPS. TPS akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, berinovasi, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” pungkas Wahyu.        (**)

Check Also

JNE Raih Penghargaan The Iconomics Indonesia Best 50 CSR Awards 2024 7

JNE Raih Penghargaan The Iconomics Indonesia Best 50 CSR Awards 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.