Iklan Baris Anda
Home / Kesehatan / Perlunya Sentuhan Ibu Terhadap Bayi Berikan Efek Positif

Perlunya Sentuhan Ibu Terhadap Bayi Berikan Efek Positif

Perlunya Sentuhan Ibu Terhadap Bayi Berikan Efek Positif 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Banyak para ibu berfikir, bayinya atau buah hatinya di pijatkan pada orang tua “dukun pijat”adalah hal yang benar, atau di tempat SPA bayi itu benar yang dibutuhkan buah hati kita. Namun alagkah baiknya ketika ibu bisa melakukannya sendiri. PT Johnson & Johnson Indonesia melalui produk bayi unggulannya, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta hadir di Surabaya.

Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Sebagai bagian dari program ini, pihaknya kembali mengedukasi dan mengadvokasi para orangtua Indonesia akan pentingnya sentuhan cinta bagi perkembangan bayi dengan melalui beberapa inisiatif.

Brand Manager Johnson, Whynne Lukman menuturkan, sudah lama dilakukan edukasi pijat bayi bagi para orangtua. Johnson menyadari pentingnya melakukan edukasi pijat bayi secara berkelanjutan di wilayah Indonesia.“Kegiatan ini juga menjadi bukti komitmen jangka panjang kami dalam membantu bayi untuk memiliki kesempatan hidup yang sama melalui pijat bayi yang terbukti memberikan berbagai manfaat positif, baik bagi emosional maupun fisik sang bayi,”katanya.

Berdasarkan data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), angka kematian bayi di Indonesia telah menurun dari 32 per 1,000 kelahiran di tahun 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran di tahun 2017, namun angka kematian tersebut masih tergolong tinggi. Dan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah untuk angka kematian bayi hingga 12 per 1.000 kelahiran, dukungan dan kerja sama semua pihak sangat penting dalam menurunkan angka kematian bayi di Indonesia. Seorang ibu memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang bayi, terutama selama periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan.

Periode emas adalah tahap paling penting dalam pertumbuhan bayi, suatu masa ketika otak bayi sedang berkembang sangat pesat yang mendukung seluruh proses pertumbuhan anak dengan sempurna. Pada tahap ini, orang tua perlu memperhatikan banyak hal baik nutrisi seimbang, stimulasi yang tepat dan imunisasi untuk kesehatan anak untuk mengoptimalkan periode emas agar anak-anak mereka dapat hidup sehat dan kuat.

Dyah Retno Wulan,Sp.A, Dokter Spesialis Anak menjelaskan,Stimulasi adalah aktivitas yang dilakukan setiap hari untuk merangsang semua sistem indera pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan. Stimulasi sangat berperan penting dalam tumbuh kembang bayi terutama selama periode emas.

“Dengan dilakukannya stimulasi secara terus menerus dengan beragam cara, maka dapat mendorong perkembangan bayi menjadi lebih cepat serta meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik maupun motorik serta membantu perkembangan sistem saraf pada bayi,”jelasnya.

Pengetahuan tentang perawatan bayi dan fasilitas kesehatan yang memadai merupakan dua hal yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Namun, hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung pertumbuhan anak selama periode emas adalah sentuhan. Sentuhan merupakan momen terjadinya ikatan emosional antara bayi dan ibu yang dapat membantu menstimulasi indera bayi, sehingga mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Stimulasi sentuhan bisa dirasakan oleh bayi pada saat ritual waktu mandi dan pijat.

Perlunya Sentuhan Ibu Terhadap Bayi Berikan Efek Positif 2

“Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi dari stimulasi sentuhan melalui pijat bayi, terutama selama periode emas. Pada periode ini, jika pijat bayi dilakukan secara rutin, maka dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal karena banyaknya manfaat yang didapat,”jelasnya.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya memperlancar peredaran darah, memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan, mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi, membantu bayi untuk relaksasi sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak dan lama, membantu meredakan ketidaknyamanan di saat mengalami kolik atau sedang tumbuh gigi, memperkuat massa tulang dan memperkuat ikatan emosional bayi dengan orangtua karena melalui pijat bayi maka hormon oksitosin bayi dan ibu meningkat.

 

“Dan seperti yang kita ketahui bahwa hormon oksitosin adalah hormon yang membuat manusia merasa nyaman dan dicintai. Sehingga, pijat bayi tidak hanya memberi manfaat yang besar terhadap bayi itu saja, melainkan juga terhadap si ibu,”pungkasnya. (nisa)

Check Also

Sehat Selama Puasa, CNI Tawarkan Sun Chlorella Agaricus 6

Sehat Selama Puasa, CNI Tawarkan Sun Chlorella Agaricus

Suasana buka bersama PT CNI dan para wartawan di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.