Iklan Baris Anda

Lagi, OJK Sosialisasi Perencanaan Keuangan pada 100 umkm

Lagi, OJK Sosialisasi Perencanaan Keuangan pada 100 umkm 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Sebagai wujud dukungan kepada UMKM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 kembali melaksanakan sosialisasi di Kampung Inklusi kepada 100 UMKM yang berada Kecamatan Rungkut. Antusiasme para peserta ini sangat besar, beberapa dari mereka juga membawa contoh produknya.

Sosialisasi kepada Kampung Inklusi bukan merupakan pertama kalinya, sebelumnya OJK telah melakukan sosialisasi di Kampung Inklusi pada 17 Februari 2017 dengan materi perencanaan keuangan, pemasaran dan pegadaian. Hari ini sebagai TOT lanjutan kepada UMKM berlangsung di kecamatan Rungkut.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2, Triyoga Laksito mengatakan, tujuan OJK melaksanakan sosialisasi untuk memberikan pemahaman pada UMKM mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan serta pemanfaatan produk dan jasa keuangan untuk dapat meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan.

“Dengan demikian, para pengusaha umkm bisa mengakses keuangan yang disediakan lembaga keuangan. Mereka juga bisa mendapatkan modal seperti saat ingin mengembangkan usahanya, mereka bisa tau cara memperoleh modal dan tau terkait persyaratannya. Juga bisa menggunakan modal sebaik-baiknya. Jangan sampai salah penggunaannya seperti untuk kebutuhan konsumtif,” katanya disela-sela sosialisasi.

Kemudian setelah usaha para ukmk berjalan, maka ada pendampingan seperti yang disampaikan narasumber dari UK Petra yakni packaging. Dan setelah usaha berkembang ada hasilnya. Dari hasil uang ini bisa disimpan dimana, supaya tidak jatuh keinvestor ilegal.

Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut, beberapa UMKM telah menerapkan perencanaan keuangan sederhana dan memulai untuk menabung antara lain melalui menabung emas di Pegadaian. Selain itu UMKM juga telah menerapkan pemasaran melalui sosial media. Pemasaran melalui sosial media semakin dikembangkan lagi oleh UMKM dengan materi terkait marketing online yang disampaikan oleh narasumber.

Pemberdayaan UMKM oleh OJK KR4 telah dimulai dengan melibatkan dan menggunakan produk UMKM Kampung Inklusi di Kecamatan Rungkut di beberapa kegiatan OJK KR4.

“Mumpung kita menyasar UMKM, maka kita sampaikan perlindungan nasabah juga. Sementara itu, pemilihan di umkm rungkut ini potensi rungkut sangat bagus. Kami juga mencanangkan Kampung inkusi, Februari lalu,” terangnya.

Kepala Kecamatan Rungkut, Syafik memaparkan, UMKM di rungkut ini, sudah ada sejak lama. Potensi sudah ada tinggal kita bagaimana kita memberikan informasi, memberikan ilmu, bagaimana bisa menjual produk yang berkualitas bagus dan bagaimana cara memasarkan.

“Kami bekerjasama dengan beberapa universitas. Dan kali ini bekerjasama dengan OJK dalam rangka untuk me-manage keuangan karena biasanya orang pinter mencari uang tapi kurang pintar mengelolah keuangan,” tuturnya. (nisa)

Check Also

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan 5

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.