Iklan Baris Anda

Stok BBM & LPG Aman, Jelang Idul Adha dan Libur Panjang

lpg-12-dan-3-kg

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Idul Adha yang jatuh pada hari senin menjadi liburan panjang. Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat dalam kondisi aman selama perayaan Hari Raya Idul Adha dan libur panjang yang jatuh pada 10-12 September 2016.

General Manager Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono menjelaskan, konsumsi LPG pada saat Idul Adha biasanya mengalami kenaikan karena meningkatnya kebutuhan bahan bakar untuk memasak, terutama memasak hasil kurban.

Namun Pertamina sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menambah penyaluran sekitar 7 persen dari penyaluran normal. Jika pada kondisi normal penyaluran LPG sekitar 108.143 MT per bulan, maka pada bulan ini dilakukan penambahan penyaluran sebanyak 7.661 MT yang didistribusikan di wilayah Jatimbalinus.

“Ini untuk memastikan stok LPG di Agen dan Pangkalan dalam kondisi yang aman. Terutama untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk memasak yang kami prediksi meningkat pada masa-masa tersebut,” ujarnya.

Ageng menambahkan, apabila masyarakat kesulitan menemui LPG dikarenakan pangkalan terdekat tutup pada hari libur, maka bisa membeli LPG di SPBU atau outlet modern terdekat seperti minimarket. Selain LPG, Pertamina juga mengantisipasi konsumsi BBM yang meningkat di sejumlah lokasi wisata terkait adanya libur panjang, seperti Bali dan Malang. Sedangkan konsumsi Solar diprediksi menurun terkait berkurangnya pengiriman barang pada hari libur.

“Kenaikan konsumsi BBM biasanya disebabkan meningkatnya mobilisasi masyarakat saat liburan. Namun karena hanya terjadi di beberapa titik, jadi volumenya tidak signifikan,” katanya.

Meski begitu, Pertamina tetap menyiagakan Depot LPG dan Terminal BBM untuk melayani kebutuhan BBM dan LPG masyarakat, termasuk pada Hari Raya Idul Adha. Pertamina juga berkordinasi dengan bank persepsi agar tetap bisa menerima transaksi pada hari libur.

Area Manager Communication & Relation Jatimbalinus Heppy Wulansari menambahkan, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan safety baik melakukan pengisian BBM di SPBU ataupun ketika menggunakan LPG saat memasak.

Seperti saat melakukan pengisian di SPBU harap mematikan mesin kendaraan, tidak merokok dan tidak menyalakan api di area SPBU. Sementara saat menggunakan LPG untuk memasak, harap memperhatikan siklus udara di dalam ruangan memasak dan tidak menggunakan kompor minyak tanah dalam jarak yang berdekatan dengan kompor LPG.

“Sehingga masyarakat diharapkan dapat menjalani ibadah Idul Adha dan libur panjang dengan nyaman,” pungkasnya. (diyah)

Check Also

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan 4

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.