Iklan Baris Anda

Pertamina Tambah Stok BBM, LPG dan Avtur Jelang Lebaran

Acara Pertamina

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Dalam rangka masa persiapan arus mudik dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1437H/ 2016, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V siap memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kenyamanan masyarakat dalam memperoleh BBM dan LPG di wilayah Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusa Tenggara.

GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono menyatakan, momen hari besar ini berdasarkan data history, pasti akan ada lonjakan volume permintaan BBM maupun LPG sehingga Pertamina terus menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan LPG dengan baik agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah Puasa dan merayakan Idul Fitri 1437H/ 2016 dengan lancar dan khidmat tanpa khawatir kesulitan mencari BBM maupun LPG,” kata Ageng.

Ia menambahkan, Pertamina mempersiapkan tambahan sebesar 20 persen dari rata-rata harian normal untuk produk BBM jenis premium yang tersedia di SPBU. (rata2 konsumsi normal sebesar 11.855 KL/hari) dan Untuk BBM bersubsidi jenis Solar, diprediksikan mengalami penurunan 8 persen karena larangan beroperasi bagi kendaraan berat tmt H-5 s.d H+3 Lebaran. Rata2 penyaluran normal harian 6.705 KL.

Untuk Bahan Bakar Khusus (BBK) Non Subsidi jenis Pertamax, dan Pertalite, dikarenakan antusiasme dari konsumen, pada musim mudik 2016 ini Pertamina menambahkan hingga 45 persen untuk Pertamax. Sedangkan untuk Pertalite akan disediakan tambahan 48 persen dari rata2 harian normal 2870 KL. Adapun untuk outlet penyedia BBK Non Subsidi tersebut tersedia di 1133 SPBU untuk Outlet Pertamax dan 727 SPBU untuk Outlet Pertalite dari total 1160 SPBU yang ada di wilayah MOR V.

Pertamina juga menambahan armada mobil tangki sebanyak 21 unit mobil tangki@24KL, Rail Train Wagon (RTW) 40 ketel ke TBBM Madiun dan 40 ketel ke TBBM Malang serta 2 tanker @3600 DWT.

Seluruh TBBM dan SPBU yang berada di jalur strategis mudik dan wisata akan beroperasi 24 jam khususnya pada H-7 dan H+7. Pertamina juga membentuk Satgas di Kantor Unit Pertamina MOR V maupun di unit-unit lokasi Pertamina MOR V mulai dari H-15 s/d H+15.

“Melakukan koordinasi dengan Hiswana Migas dan pihak eksternal lainnya seperti Bank Persepsi, jajaran POLRI/DLLAJR untuk memperlancar angkutan BBM/LPG di titik macet, koordinasi dengan Otorita Dermaga untuk kelancaran supply BBM melalui tanker,” katanya.

Sementara, sebagai antisipasi peningkatan konsumsi, Pertamina sudah melakukan penambahan penyaluran secara bertahap pada awal bulan puasa di bulan Juni sebesar 4 persen dari konsumsi normal bulanan dan 13 persen di bulan Juli dari konsumsi normal bulanan sebesar 105.413 MT /bulan.

Selain LPG 3 Kg, Pertamina juga menambah pasokan LPG Non Subsidi (LPG 12 Kg dan Bright Gas) sebesar 2,1 persen dari rata2 pasokan normal. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan konsumen setia pengguna LPG 12 Kg dan Bright Gas terus terpenuhi dimasa tingginya kebutuhan untuk menyiapkan hidangan dan membuat sajian Ramadan dan Lebaran.

Untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, Pertamina akan menginstruksikan kepada semua SPBE dan Agen untuk meningkatkan buffer stock LPG, menambah waktu pelayanan dan akan ditunjuk beberapa Agen Satgas dan Pangkalan Siaga yang akan buka pada hari H lebaran.

Untuk mengantisipasi pangkalan-pangkalan yang tutup pada saat Lebaran, maka Pertamina akan menyediakan LPG 3kg dan 12 kg di 586 SPBU dan 781 modern market yang tersebar di wilayah JatimBalinus agar kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi. Sebagai antisipasi kemacetan, Pertamina MOR V akan menyiagakan 18 SPPBE Kantong tersebar di wilayah MOR V.

Untuk peningkatan bahan bakar pesawat udara (avtur), pada masa Lebaran diprediksikan akan terjadi di Bandara Juanda – Surabaya, Ngurah Rai – Bali dan BIL – Lombok. Pertamina menyiapkan antisipasi peningkatan stock avtur selama masa Lebaran yaitu H-15 s.d H+15, untuk DPPU Juanda sebesar 10 persen dari konsumsi normal sebesar 1.019 KL/hari. DPPU Ngurah Rai akan ditingkatkan sebesar 10 persen dari rata2 normal 1.854 KL/hari. Dan DPPU BIL akan ditingkatkan stock Avtur nya sebesar 5 persen dari rata-rata harian normal 92 KL/hari.

“SPBU-SPBU di wilayah MOR V telah diinstruksikan untuk meningkatkan pelayanan dengan menyediakan layanan pendukung seperti Mushola, Toilet, ATM, serta memperhatikan aspek kebersihannya, untuk memberikan kenyamanan bagi para konsumen SPBU Pertamina,” pungkasnya. (diyah)

Check Also

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan 4

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.