Iklan Baris Anda

Botox Non Babi, Aman Bagi Kaum Hijabers

Botox Non Babi, Aman Bagi Kaum Hijabers 1
dr. Daniel Widiyanto, Sp. And (kiri) sedang melakukan proses botox pada salah satu pasien di Facena Beauty Clinic Surabaya, Rabu (9/8)

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Dunia kecantikan akan selalu berkembang. Bahkan teknis kecantikan telah menjadi gaya hidup di berbagai sudut perkotaan. Berdasar laporan Statista, pendapatan di pasar Kecantikan & Perawatan Diri mencapai US$7,23 miliar atau Rp111,83 triliun (dengan kurs 1 dollar sebesar Rp15,467.5) pada tahun 2022.

Founder serta Dokter Kecantikan Facena Beauty Clinic, dr. Daniel Widiyanto, Sp. And menyampaikan, berjamurnya klinik kecantikan di Indonesia, mendorong pihaknya terus melakukan inovasi perawatan kecantikan wajah. Inovasi teknologi serta pengetahuan kecantikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas kegiatan manusia, terutama generasi milenial.

“Dengan teknologi terbaru, klinik Facena berharap dapat memberikan solusi yang lebih efektif dan efisien dalam merawat dan menjaga kepuasan pelanggan,” katanya.

Ia menambahkan, salah satu solusi perawatan yang tidak pernah ditinggalkan oleh dokter-dokter kecantikan adalah prosedur Botox, atau dalam bahasa kedokteran disebut Botulinum Toxin.
“Botox merupakan protein yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum, yang bekerja melalui agen neurotoxin yang mampu menghambat sinyal asetikolin antara saraf otak menuju otot,” tambahnya.

Dalam dunia kecantikan, botox terkenal dengan perawatan anti-aging terbaik untuk mengurangi dan menghilangkan kerutan dan garis halus di area wajah yang berhubungan dengan otot, misalnya alis, area bawah mata, dahi, serta leher. Selain itu botox juga bisa memberikan efek tirus untuk area otot rahang yang terlalu besar.

Sementara itu pembicara dari Facena Beauty Clinic, Dr. Dwi Wijayanto menegaskan, penyebab kerutan itu banyak, salah satunya bisa jadi karena terlalu sering berekspresi saat bertemu dengan banyak orang. Namun penuaan adalah hal yang wajar dikarenakan bertambahnya usia serta aktivitas manusia sehari-hari yang telah menjadi kebiasaan.

Botox juga menjadi salah satu solusi tepat untuk mengatasi beberapa permasalahan medis. Ada remaja 13 tahun sudah mulai melakukan prosedur Botox karena ingin menyembuhkan migrain.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat diatasi atau dikurangi dengan perawatan Botox diantaranya sakit kepala karena saraf otak, migrain, mata juling, blefarospasme (kontraksi kelopak mata), inkontinensia urine (disfungsi kandung kemih), keringat berlebih, hingga gangguan tidur (bruxism).

Dengan segala manfaat tersebut, Botox telah menjadi salah satu perawatan favorit dari masa ke masa, namun tentu saja ada pro-kontra terhadap prosedur perawatan ini.
“Namun kaum hijabers menentang keras prosedur Botox dikarenakan penggunaan serum darah manusia dan/atau gen babi dalam kandungan zat Botox dimana melawan hukum Islam,” katanya.

Namun demi memberi kepuasan maksimal untuk mengatasi kegelisahan masyarakat muslim, Facena terus mencari pengetahuan dan bekerjasama dengan penggerak laboratorium khusus bahan Botox.

Karena itu Facena memperkenalkan brand Botox dari PT Kalbe Farma, yaitu Lanzox. Kandungan Botox dalam Lanzox telah dipastikan masuk dalam kategori non-babi.
Selama proses pembuatan Lanzox, gen hewan dilenyapkan melalui proses chemical lab, makanya di hasil akhir bahannya jadi, gen ini hilang 100% bahkan 1000%.

Meskipun belum/tidak mendapatkan sertifikasi halal seperti yang dicantumkan dalam MUI, Kalbe menjamin hal tersebut dengan adanya Sertifikat Analisa dari Pharma Metric Labs bulan Juli 2023 lalu tentang identifikasi DNA gen babi, dimana hasilnya adalah negatif.

Sehingga bahan Lanzox secara praktikal telah lolos, sesuai kutipan dalam LPPOM MUI, Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 28 tahun 2011 tentang Kosmetik dan Produk Perawatan Tubuh karena tidak melawan syarat-syarat syariat.

Tim Dokter Facena Beauty Clinic berharap dengan edukasi terbaru prosedur Botox non-babi ini, kaum hijabers bisa lebih tenang dengan prosedur Botox, serta bijaksana dalam memilih dan mempertanyakan bahan Botox yang digunakan untuk wajah atau tubuh mereka di klinik-klinik kecantikan selain Facena.

Sehingga kaum hijabers juga bisa menikmati manfaat kecantikan atau mungkin mengatasi permasalahan medis dengan bahan yang tepat, yaitu memenuhi syarat dan hukum Islam.   (in)

Check Also

Gouri Collagen Stimulator dan Miriqa Vitalia Oral Supplement, Wujudkan Cantik Luar Dalam 5

Gouri Collagen Stimulator dan Miriqa Vitalia Oral Supplement, Wujudkan Cantik Luar Dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.