Iklan Baris Anda
Home / Ekonomi Bisnis / Ternyata, Minat Baca Masyarakat Jatim Tumbuh Hingga 72 Persen

Ternyata, Minat Baca Masyarakat Jatim Tumbuh Hingga 72 Persen

Ternyata, Minat Baca Masyarakat Jatim Tumbuh Hingga 72 Persen 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Ternyata, minat baca masyarakat Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan sejak beberapa tahun lalu. Pada 2016 minat baca di Jatim naik 69,7 persen dari 42 persen ditahun 2010 menurut survey yang dilakukan oleh Perpustakaan dan Univeraitas Brawijaya. Hal ini dikatakan Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, Uli Silalahi dalam sambutannya saat pembukaan Big Bad World (BBW) tadi sore di Jatim Expo Surabaya yang dihadiri pula oleh Gubenur Jatim, Khofifah.

“Pada 2018 naik kembali menjadi 72 persen. Harapannya tahun ini minat baca juga akan mengalami kenaikan, karena itu kami berupaya untuk menumbuhkan minat baca. Kesadaran mengenai pentingnya memperkenalkan budaya membaca sejak dini, serta memberikan akses buku-buku yang baik, bermutu, dan bervariasi, menjadi semangat untuk terus menyelenggarakan bazar ini,” katanya.

Uli menegaskan, dengan hadirnya bazar ini targetnya bukan jumlah buku yang terjual melainkan seberapa bertambah minat baca pada masyarakat Jatim. Seperti tahun lalu jumlah pengunjung sebanyak 300 ribu dalam 10 hari. Untuk kali ini, pihaknya menargetkan 350 hingga 400 ribu pengunjung.

Ternyata, Minat Baca Masyarakat Jatim Tumbuh Hingga 72 Persen 2

BBW sendiri adalah bazar buku terbesar di dunia untuk masyarakat di ujung timur Pulau Jawa. Kali ini hadir kembali di Surabaya pada 4 hingga 14 Oktober 2019, selama 24 jam non-stop dan gratis biaya masuk gedung. Ini adalah kali keempat Bazar Buku BBW hadir di Surabaya.

Ada lebih dari 2 juta buku yang bisa didapat masyarakat. Mulai buku anak-anak, seni, budaya, bisnis, arsitektur, memasak, fashion, hingga deretan novel karya penulis terbaik di dunia. Menariknya, dalam bazar tersebut ada diskon mulai 60 hingga 80 persen.

“Dengan hadirnya Bazar ini, kami mengajak masyarakat Jatim untuk lebih gemar membaca buku. Dengan banyak membaca, kita bisa makin kritis dalam menyikapi kejadian dan tidak mudah termakan hoax. Sebab, buku merupakan sumber informasi kredibel yang dapat dipertanggung jawabkan segala isi bacaan di dalamnya,” paparnya.

Kepala Kantor Wilayah III BCA, Frengky Chandra Kusuma mengatakan, BCA turut serta mendukung penyadaran pentingnya membaca buku pada masyarakat terutama pada generasi muda. Karyawan BCA diwajibkan minimal membaca 3 buku setiap tahun diluar Majalah dan Koran.

“Sementara di bazar ini, pengunjung dapat menikmati beragam promo menarik dari kami antara lain voucher cashback hingga Rp 500.000 untuk pembayaran dengan Kartu Kredit dan Debit dengan chip. Diskon 50 persen untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA. Paket Harga Khusus Nasabah yakni beli 7 gratis 1 Buku Ajaib Augmented Reality dengan Kartu Kredit, Debit, Flazz, maupun Sakuku. Cicilan BCA 0 persen hingga 6 bulan. Serta tambahan diskon 20 persen untuk judul buku pilihan,” ungkapnya. (nisa)

Check Also

WSE Hadir di Mall, Wujudkan SDM Unggul 5

WSE Hadir di Mall, Wujudkan SDM Unggul

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.