Iklan Baris Anda

Saat Pandemi, Wanita Hamil Wajib Terapkan PHBS

Saat Pandemi, Wanita Hamil Wajib Terapkan PHBS 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – PT Johnson & Johnson Indonesia melalui salah satu brand unggulannya, JOHNSON’S, terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, terutama di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Salah satunya mengadakan Expert Class yang dilakukan secara virtual (maya) dengan topik “Menjalani Kehamilan di Saat Pandemi”.

Pandemi global virus corona (COVID-19) yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2019 mengharuskan seluruh masyarakat Indonesia tanpa pengecualian untuk melakukan pembatasan jarak fisik (physical distancing). Di samping itu, masyarakat juga dihimbau untuk membatasi kunjungan ke rumah sakit kecuali dalam keadaan terdesak. Kondisi tersebut kerap membuat banyak orang khawatir akan kondisi kesehatan mereka, terutama para ibu hamil.

Devy Yheanne selaku Country Leader of Communications and Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, sebagai salah satu perusahaan kesehatan global di Indonesia, pihaknya sadar akan pentingnya untuk memberikan informasi yang positif dan bermanfaat selama masa pandemi dengan cara terus mengedukasi masyarakat luas secara berkelanjutan.

“Kami secara rutin mengadakan kegiatan edukasi virtual. Dan pada kesempatan kali ini kami ingin mengedukasi para ibu hamil di Indonesia agar tidak cemas dan khawatir selama masa kehamilan dan mengetahui apa yang harus dilakukan saat kehamilan selama masa pandemi. Selain itu, kami juga ingin memberikan panduan terbaru bagi para ibu hamil yang dikeluarkan oleh tenaga kesehatan,” katanya.

Pada sesi Expert Class yang kedua ini menghadirkan dr. M. Haekal, Sp.OG yang merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dan Tasya Kamila yang memandu saat acara Live berlangsung.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RSAB Harapan Kita dan RSIA Brawijaya, dr. Mohammad Haekal, Sp.OG, menjelaskan, selama masa pandemi COVID-19, ibu hamil dianjurkan untuk ke Rumah Sakit apabila terdapat keadaan darurat atau emergency. Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil yang lebih rentan jika terkena infeksi. Namun tidak perlu cemas berlebihan karena hingga saat ini belum terdapat bukti klinis mengenai penularan infeksi COVID-19 dari ibu ke janin di dalam kandungan.

Selain itu, penting bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi dengan mengonsumsi makan yang bergizi, rendah karbohidrat, tinggi protein dan kaya serat serta mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C, D, E, Zinc dan Selenium.

“Para ibu hamil pun dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit. Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan ibu hamil,” ujarnya.

Adapun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebaiknya terus diterapkan oleh para ibu hamil dalam upaya pencegahan penularan COVID-19, termasuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan cara yang benar, menerapkan etika batuk, hingga menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

“Kami berharap dengan adanya Expert Class ini, masyarakat Indonesia, terutama para ibu hamil akan mendapatkan lebih banyak lagi pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi kehamilan mereka selama pandemi,” tutup Devy. (indra)

Check Also

Cenderamata khas Surabaya, bisa dibeli online. 5

Cenderamata khas Surabaya, bisa dibeli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.