Iklan Baris Anda

Proaktif Warga, Pasang Mesin Semprot Disinfektan Otomatis

 

Proaktif Warga, Pasang Mesin Semprot Disinfektan Otomatis 1

Sidoarjo, (bisnisnasional.com) – Selain himbauan dari pemerintah agar menerapkan social distancing maupun physical distancing dalam keseharian, kini masyarakat semakin mengerti pentingnya menjaga diri untuk mencegah terjangkit Coronavirus Disease atau Covid-19, seperti yang dilakukan warga Perum Sapphire Residence Blok 5-M, Prasung Kecamatan Buduran Sidoarjo ini.

Secara proaktif warga bergerak dengan kreativitasnya memasang mesin penyemprot disinfektan di pintu masuk komplek perumahan. Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab serta partisipasi warga kepada Pemkab Sidoarjo dalam upaya menghentikan laju Pandemi Virus Covid-19 baru.

Rusli selaku ketua RT setempat mengatakan bahwa tujuannya adalah mensterilkan warga atau tamu yang masuk, ketika melewati gerbang Blok 5-M diharapkan memaklumi jika harus tersemprot cairan diisnfektan secara otomatis.

“Bahan yang kami gunakan aman meski bersentuhan dengan kulit atau anggota badan lainnya karena komposisinya sudah sesuai SOP,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk cara kerja dari alat semprot yang terpasang di gerbang pintu masuk komplek yakni dengan menggunakan motion sensor (sensor gerak) yang mendeteksi kehadiran seseorang dalam jarak tertentu.

“Ketika ada seseorang datang, sensor akan mendeteksi dan mengirim sinyal ke pompa, kemudian pompa mengalirkan cairan disinfektan yang terdapat dalam tong penampung melalui selang-selang yang terpasang di tiang untuk kemudian menyemprotkannya melalui spray secara otomatis. Kira-kira seperti itu teknisnya,” tambahnya.

Kini dengan hadirnya mesin semprot otomatis tersebut, diharapkan agar warga selalu menjaga kebersihan diri saat memasuki rumah masing-masing setelah bepergian keluar. (indra)

Check Also

Cenderamata khas Surabaya, bisa dibeli online. 5

Cenderamata khas Surabaya, bisa dibeli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.