Iklan Baris Anda

Penghargaan 18 Top Mahasiswa Indonesia Terbaik di Ajang FYI 2020

Penghargaan 18 Top Mahasiswa Indonesia Terbaik di Ajang FYI 2020 1

Jakarta, (bisnisnasional.com) – Dalam upayanya untuk berkontribusi aktif dalam pengembangan masyarakat Indonesia, salah satunya di bidang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat pendidikan tinggi atau universitas, FIFGroup kembali menggelar kompetisi tahunan FIFGROUP Youth Innovation (FYI).

FYI adalah sebuah kompetisi yang dibuat bagi mahasiswa untuk berinovasi dan mengembangkan dirinya dari sisi technical competencies, maupun soft competencies, yang bertujuan agar para mahasiswa dapat menjadi pribadi yang siap dalam menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya.

Kompetisi ini dirasa sangat penting karena inovasi merupakan pondasi yang esensial dalam sebuah perusahaan untuk dapat berkembang.
FYI 2020 diadakan pada Rabu, 02 September 2020 dan dibuka dengan opening speech dari Esther Sri Harjati selaku FIFGroup Human Capital, General Support and Corporate Communication Director.

“Tahun ini scope kompetisi dibuat lebih spesifik dimana peserta di berikan assignment untuk membuat improvement idea dan pengembangan system atau aplikasi atas 3 business case dari lini bisnis FIFGoup yaitu FIFADA, SPEKTRA dan ASTRAPAY,” katanya.

Penyelenggaraan FYI tahun 2020 ini adalah yang ke-4 kalinya. Dan target peserta dari kompetisi ini adalah seluruh mahasiswa aktif dan fresh graduates dari seluruh perguruan tinggi atau universitas di Indonesia. Kompetisi dimulai dengan fase sosialisasi dan registrasi dari bulan Februari sampai April 2020.

Selama masa registrasi, panitia FYI menerima 624 pendaftar dari total 264 instansi pendidikan tinggi di seluruh Indonesia dimana mengalami kenaikan sebesar 181 persen dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Kompetisi FYI 2020 ini akan dibagi menjadi 2, yaitu kategori Bisnis dan kategori IT. Dalam kategori bisnis, peserta diberikan kesempatan untuk mengasah business sense mereka. Peserta akan ditantang untuk memecahkan business case dengan ide inovasi dan improvement yang diciptakan. Sedangkan pada kategori IT, peserta akan membuat apps (web/mobile) untuk memfasilitasi ide-ide bisnis yang ada.

Tahapan penjurian diawali dengan seleksi administrasi yang mengerucutkan jumlah kandidat menjadi 155 kandidat. Selanjutnya, kandidat yang lolos seleksi administrasi di-interview oleh tim Human Capital FIFGroup untuk mendapatkan 65 kandidat.

Para peserta yang lolos ini selanjutnya harus melewati tahap psikotes dan final interview dengan Management yang akhirnya menghasilkan Top 20 peserta yang masuk ke tahap final kompetisi FYI.

Kemudian, peserta yang lolos menjadi Top 20, diberikan pembekalan berupa Online Workshop selama 3 hari mengenai Business Process Overview, Innovation Methodology dan Soft Skill Development serta pembagian Business Case Assignments dari para pemateri yang merupakan jajaran Management FIFGroup, serta diberikan kesempatan untuk melakukan Data Exploration di Kantor Cabang FIFGroup untuk mencari data dan mengamati proses bisnis secara aktual.

Dan selama penggarapan project improvement, tiap tim peserta diberikan pendampingan dari Team Coach dan Buddy dari karyawan FIFGroup sebagai advisor atas pengembangan project yang peserta lakukan.

Di fase terakhir, setelah melakukan pengembangan project selama 2 bulan lamanya, para peserta masuk ke fase Final Review, dimana peserta harus mempresentasikan project mereka kepada dewan juri dari jajaran Board of Directors dan Management yang menilai kecakapan project mereka dari segi Innovation Methodology, Project Feasibility dan Creativity.

Berdasarkan hasil Final Review itu, komite juri dan panitia akhirnya menentukan juara 1, 2 dan 3 dari total 9 tim yang sampai pada putaran akhir, dan pada hari ini, Rabu, 02 September 2020 dilakukan Awarding Ceremony untuk memberikan apresiasi kepada para pemenang dan seluruh peserta FYI 2020.

“Dengan diadakannya FYI ini, diharapkan dapat menularkan budaya Continuous Improvement kepada generasi muda. Saya harap inspirasi yang rekan-rekan mahasiswa dapatkan selama proses kompetisi ini memperkuat spirit berinovasi, khususnya bagaimana cara memanfaatkan peluang yang ada sehingga menjadi kekuatan diri masing-masing,” tutur Antony Sastro Jopoetro selaku Marketing New Motor Cycle (NMC) Director.

“Saya, tentunya berharap bahwa ajang FYI ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta yang telah mencoba terjun langsung ke dunia industri jasa keuangan untuk mempersiapkan diri menuju karir yang cemerlang di masa yang akan datang,” tutup Esther. (indra)

 

Check Also

XL Axiata Wisudakan Mahasiswa XLFL 5

XL Axiata Wisudakan Mahasiswa XLFL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.