Iklan Baris Anda
Home / Otomotif / Jelang Pemilu, Penjualan Mobkas Didominasi Pembelian Cash

Jelang Pemilu, Penjualan Mobkas Didominasi Pembelian Cash

Jelang Pemilu, Penjualan Mobkas Didominasi Pembelian Cash 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Beberapa hari lagi pemilihan umum (pemilu) pada 17 April nanti. Beberapa bisnis stagnan menunggu pemilu usai. Salah satunya penjualam mobil bekas (mobkas). Salah satu pemilik showroom mobkas mengaku demand atau daya beli masyarakat menurun. Namun, masih tetap ada penjualan meski cenderung stagnan.

“Kalau keadaan seperti ini biasanya pembelian didominasi cash. Untuk kreditnya hanya 30 persen,” kata Owner SS Mobil 21, Sugeng Sumarsono.

Bahkan para leasing juga mengerem permintaan kredit, karena keadaan ekonomi yang tidak menentu seperti saat jelang pemilu.  “Jadi mereka menyesuaikan dana yang ada. Bahkan jika mau melakukan kredit biasanya DP mereka besar sekitar 30 sampai 50 persen. Dan saya juga melihat kondisi leasing juga begitu dia hanya menerima kredit DP tinggi. Mungkin karena tidak berani beresiko,” jelasnya saat ditemui di Bursa Carsentro Lenmarc Surabaya Barat.

“Nanti setelah pemilu biasanya dua atau tiga bulan mulai normal kembali jika tidak ada gejolak di negeri ini. Jadi kita berharap pemilu kali ini baik-baik saja,” harapnya.

Meski Sugeng menilai demand turun, ia juga mengatakan jika showroomnya di Bursa Carsentro tetap berjalan. Dalam sehari pasti ada penjualan saat menjelang pemilu. “Untuk penjualan unit disini memang tidak berkontribusi banyak tapi pasar di surabaya barat ini kedepan akan besar. Apalagi disini belum ada showroom mobkas. Potensial karena lokasinya depan jalan raya dan itu sangat membantu. Meski penjualan kita yang paling dominan ada di Giant Diponegoro,” ungkapnya.

Ditanya tentang kontribusi dari masing-masing showroomnya, Sugeng hanya menjawab jika semuanya berkontribusi namun terbesar di Giant. Akan tetapi, Showroom yang ada di giant ini dipastikan akan off.

“Setelah ini kita off di Giant karena memang dari Giant sendiri berhenti beroperasi. Padahal disana kontribusi penjualan kita sangat besar. Rencananya kita akan pindahkan unit ke Golden City mall. Supaya konsumen kita yg ada diluar kota mudah umtuk mencari dan mendapatkan unit yang ingin dilihatnya. Karena dekat dengan pintu tol,” paparnya.

Menurutnya lokasi juga bisa mempengaruhi penjualan diluar daya beli yang turun. Namun ketika ada kemudahan, service yang baik maka tidak menutup kemungkinan konsumen melakukan transaksi baik saat itu juga maupun kedepannya. Tetapi tetap, ketika kondisi ekonomi tidak stabil maka mereka memilih cash. Namun ketika ekonomi membaik maka banyak konsumen lebih memilih kredit. (nisa)

 

Check Also

Daihatsu Raih Penjualan 50.699 Unit Selama 3 Bulan 5

Daihatsu Raih Penjualan 50.699 Unit Selama 3 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.