Iklan Baris Anda
Home / Hotel dan Resto / Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner

Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner

Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Bunga tak hanya sebagai hiasan saja, namun ada bunga tertentu yang bisa dijadikan bahan untuk membuat makanan. Dalam sebuah makalah “Fresh Edible Flowers of Ornamental Plants : A New Source of Nutraceutical Foods” yang dimuat di Journal of Food Science & Technology menyatakan bahwa bunga punya kandungan protein, flavonoid, zat besi, mineral, antioksidan, dan vitamin A.

Akhir-akhir ini di dunia kuliner sedang tren menu makanan menggunakan bahan bunga. Salah satunya Hotel Grand Dafam Surabaya, bulan Februari ini tersaji beragam kuliner yang menggunakan edible flower.

Chef de Parte Grand Dafam Surabaya, Mudlofir mengatakan bahwa tidak semua bunga bisa dijadikan bahan makanan.

“Hanya bunga tertentu yang ditanam secara organic saja yang bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Misalnya bunga viola yang memiliki warna-warna cantik, seperti biru, ungu, putih dan kuning,” katanya.

Seperti yang ada di hidangan pembuka Poached Fillet Salmon Wrapped with Smoked Salmon and Dill Sauce yaitu hidangan pembuka berbahan dasar ikan salmon yang dipercantik dengan edible flower.

Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner 2

Chef Mudlofir menyajikan 3 pilihan menu untuk hidangan utama yaitu Broiled Filled Mignon au Poivre served with Garlic Duchess Potatoes and Fine Bean, kemudian ada Supreme of Chicken Cordon Blue served with Green Mosaic Sauce dan yang ketiga Pan Seared Seabass served with Orange Moray Gilled Vegetebles and Boulangere Potatoes.

Sedangkan untuk dessertnya ada sajian kue cantik Strawberry White Chocolate Mousse Cake served with Vanilla Ice Cream on Top Rasberry Sauce. Semua hidangan tersebut dihias menggunakan edible flower yang semakin mempercantik tampilan makanan.

Menu lainnya yang bisa dijumpai adalah Mocktail Berry Love You. Mocktail ini terbuat dari beberapa bahan seperti, Homemade Cocopandan Syrup, Strawberry Syrup, Lemon Juice, Fresh Lemon serta soda water.

Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner 3

Bartender Grand Dafam Surabaya, Firdaus Hadi Pambayu mengatakan, untuk membuat Mocktail tersebut, semua bahan dicampurkan dan di shake.

“Cara membuatnya adalah semua bahan tadi dicampur kemudian ditambahkan fresh lemon untuk rasa citrusnya. Lalu prosesenya adalah dengan dikocok atau shaking,” tambahnya.

Fresh Edible Flowers Percantik Sajian Kuliner 4

Menariknya, Mocktail racikan bartender akan dibuat langsung didepan tamu yang memesan, dan tamu pun bisa melihat atraksi bartender dalam meracik minuman tersebut. (indra)

 

 

Check Also

17 Menu Sehat Ala Santika Diantaranya ada Black Rice 8

17 Menu Sehat Ala Santika Diantaranya ada Black Rice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.