Iklan Baris Anda
Home / Ekonomi Bisnis / Ecomarine Mangrove, Hasil Kerjasama PJB dan Komunitas Mangrove

Ecomarine Mangrove, Hasil Kerjasama PJB dan Komunitas Mangrove

Ecomarine Mangrove, Hasil Kerjasama PJB dan Komunitas Mangrove 1

Jakarta, (bisnisnasional.com) – Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA), bekerja sama dengan PT PJB UP Muara Karang, menyulap tumpukkan sampah seluas 1,5 hektar menjadi sebuah ekosistem mangrove yang asri. Sejak tahun 2010, KOMMA dan PT PJB UP Muara Karang telah menanam 27.000 bibit tanaman mangrove di kawasan Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara.

Dengan melibatkan masyarakat sekitar, telah terbentuk sebuah ekosistem mangrove yang terdiri dari tanaman bakau, siapi-api, niepah, dan pidada. Sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat, KOMMA dan PT PJB UP Muara Karang tidak hanya melakukan penanaman, tetapi juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengoptimalkan manfaat ekosistem mangrove tersebut.

Program yang dilakukan meliputi pendidikan mangrove kepada murid sekolah dasar, pelatihan perawatan tanaman mangrove, pelatihan pengolahan buah pidada menjadi produk komersil, hingga pembuatan tambak silvofishery untuk para nelayan.

Inisiatif KOMMA dan PT PJB UP Muara Karang dalam menangani tumpukkan sampah tersebut telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta berupa penghargaan Kalpataru kategori penyelamat lingkungan. Sebanyak 10.000 bibit tanaman mangrove akan ditanam pada tahun 2018 ini. (nisa)

 

 

 

Check Also

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Ditargetkan Beroperasi Bulan Ini 4

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Ditargetkan Beroperasi Bulan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.