Iklan Baris Anda
Home / event / Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com

Sambut HUT ke-2 bisnisnasional.com

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Dalam Memperingati HUT ke-2 bisnisnasional.com pada 10 Mei 5018, media online berbasis bisnis ini menggelar kegiatan Bincang Santai yang bertema “Solusi Terbaik Promosikan Bisnis Anda”. Dengan menghadirkan 3 narasumber yang ahli dibidang promosi, ternyata digital marketing sangat mempengaruhi efektifitas dalam berpromosi.

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 2

Ket. Tiga pemateri yang mengisi acara Bincang Santai bersama bisnisnasional.com

Bertempat di lantai 3 Gedung Surabaya Hotel School (SHS), kegiatan tersebut berlangsung lancar. Selama 3 jam berlangsung, 3 narasumber yang memang sebagai praktisi tersebut memaparkan serba-serbi upaya terbaik dalam melakukan promosi baik penjualan dan branded.

Materi yang disajikan secara umum berbicara soal digital marketing. Yaitu pemanfaatan media online untuk mempromosikan bisnis. Ketiga pembicara tersebut memiliki kualitas dan sepak terjang luar biasa di dunia marketing, khususnya digital marketing. Barry Tanu Fridhata, Andi Fian Octavia, dan Putut Hermawan.

Pembicara pertama, membahas gambaran umum tentang digital marketing. Disampaikan oleh Barry Tanu Fridhata selaku Manager Marketing dari SHS. Pemateri pertama diawali dengan sajian data tren digital marketing di Indonesia, termasuk situs mana saja yang paling banyak penggunanya, apa karakteristik masing-masing media sosial seperti facebook dan instagram, ada juga fenomena persaingan antar perusahaan di bidang digital industry seperti lazada, tokopedia, grab dan lain-lain.

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 3

Barry Tanu Fridhata

“Untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia bisnis, modal utamanya yang perlu dipersiapkan adalah pemahaman tentang tren digital marketing”, ungkap Barry di sela-sela pemaparan materinya.

Sementara pemateri kedua yakni Andi Fian Octavia yang juga Manager Public Relations Biskuit Kokola. Perempuan berhijab itu tampil begitu mempesona dengan gaya busana dan cara penyampaiannya yang begitu atraktif. Saat itu Fian, sapaan akrabnya, membahas tentang strategi mengkampanyekan brand melalui pendekatan komunitas dan penggunaan digital marketing, khususnya media sosial. Menurutnya, salah satu strategi yang efektif dan efisien untuk tujuan brand awareness adalah melalui pendekatan komunitas. Artinya, bagi para pelaku bisnis disarankan agar bergabung ke komunitas sesuai target dari produk atau layanan yang kita jual. Seperti hadir di pengajian ibu-ibu, event pendidikan, pameran produk kreatif, seminar dan sebagainya.

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 4

Andi Fian Octavia

“Cara ini dinilai lebih efisien, karena tanpa butuh waktu lama, kita bisa mengenalkan brand di hadapan masyarakat yang jumlahnya banyak, bahkan hingga ribuan. Kita harus pandai-pandai beradaptasi seperti bunglon dengan siapa pun berinteraksi”, ungkapnya.

Sementara di bidang media sosial facebook, Fian juga membenarkan adanya keuntungan luar biasa dengan penggunaan media online. Saat ini jumlah pengikut di laman facebook Kokola lebih dari 3 juta orang, “Dan itu semuanya anggota real lho, buka user fiktif”, jelasnya.

Strategi yang dipakai pun lagi-lagi tak luput dari pendekatan komunitas seperti blogger, dan komunitas lainnya. Fian membuat peserta, ‘melek’, salah seorang peserta berhasil mendapatkan pulsa gratis senilai Rp 50.000 lantaran berhasil menebak pertanyaan ya ia ajukan.

Memasuki pemateri terakhir yang disampaikan oleh pakar SEO, Putut Hermawan. Berangkat dari Kota Mojokerto, Putut beraksi memaparkan materi seputar SEO marketing. Suasana ruangan saat itu semakin bergairah saat sang pemateri menunjukkan beberapa konten-konten menarik dari artis popular, seperti Awkarin. Jari jemari tangannya begitu cepat mengotak-atik beberapa situs di internet sembari memberikan penjelasan. Peserta serasa diajaknya berfikir bersama.

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 5

Kanan : Putut Hermawan

“Perkembangan teknologi ke depan semakin ngeri, itulah kenapa kita harus sadar dan mulai menyiapkan untuk anak-anak kita”, ungkapnya dengan nada penuh gairah.

Di sela-sela penyampaian materi, alumni Stikosa AWS itu beberapa kali membeberkan trik dan tips bagi peserta yang tertarik berbisnis. Ada tiga kunci utama bagi mereka yang ingin bersaing muncul di halaman pertama Google. Yaitu nulis, posting, dan masuk. Ya, rajin menulis bagi Putut, merupakan kunci utama bisa terindeks Google. Bukan tidak mungkin jika sebuah blog pribadi bisa muncul di halaman pertama situs pencarian Google, mengalahkan portal populer yang menggunakan cara berbayar.

“Kunci dari semua jualan di internet itu ya menulis, dan tinggalkan jejak. Kalau bisa buat yang fokus bisnis, cara sederhananya ya bikin tulisan dan bikin market place”, Tegas Putut.

Para peserta tetap semangat mengikuti bincang santai hingga selesai. Apalagi pihak panitia sudah menyiapkan jamuan yang bisa dinikmati para peserta. Ada goody bag dan snack. Sementara di bagian luar ruang, tersedia soft drink serta aneka hidangan buah-buahan. Kegiatan Bincang Santai ini diakhiri dengan makan siang.

Bincang Santai Seputar Digital Marketing Warnai Perayaan HUT bisnisnasional.com 6

Peserta antusias mendengarkan para pembicara

Kegiatan Bincang Santai sambut hari jadi ke-2 bisnisnasional.com itu tak luput dari partisipasi pihak sponsor. Diantaranya, SHS, PT. Pertamina, Tiket.com, RJ Steel, Wuling Motors, United Communication, Biskuit Kokola, PT. PJB, Daihatsu, PT Singa Mas Indonesia (SMI), SS Mobil 21 (jual beli mobil bekas), Asap-Asap, Jamu Iboe dan Profira Aesthetic & Anti-Aging Clinic.

Penulis : Siti Aisah
Editor : Diyah Nisa
Foto : Indra

Check Also

Parade Foto HUT ke-1 bisnisnasional.com 10

Parade Foto HUT ke-1 bisnisnasional.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.