Iklan Baris Anda
Home / Hotel dan Resto / Banyaknya Khasiat Tanaman Daun Talas. Santika Pandigiling Hadirkan 3 Menu Olahanya

Banyaknya Khasiat Tanaman Daun Talas. Santika Pandigiling Hadirkan 3 Menu Olahanya

Banyaknya Khasiat Tanaman Daun Talas. Santika Pandigiling Hadirkan 3 Menu Olahanya 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Tanaman Lompong atau Daun Talas adalah nama untuk berbagai macam tumbuhan yang lazim di tanam untuk dimanfaatkan umbi atau daunnya. Talas merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat sebagian besar di dunia ini. Talas berasal dari daerah Asia Tenggara, menyebar ke China dalam abad pertama. Di Indonesia talas bias di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan terbesar dari tepi pantai sampai pegunungan. Umbi talas dapat dipanen setelah berumur 6 hingga 18 bulan, namun hal ini bergantung pula pada varietasnya.

Tanaman lompong atau daun talas ini bisa dimasak dibuat makanan berkuah dan yang diambil hanya batangnya yang masih muda saja yang mempunyai rasa manis dan pedas dan sifatnya netral. Tanaman daun talas ini juga menghasilkan umbi yang juga bisa dimasak layaknya ketela yaitu di rebus. Tanaman ini selain enak dikonsumsi juga mengandung serat, lemak, karbohidrat, protein, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin A dan vitamin B1 yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Hotel Santika Pandegiling melihat banyak manfaat yang terdapat pada tanaman lompong atau daun talas, maka Executive Chef Hotel Santika pandegiling,  Ervin Triana menghadirkan makanan yang berbahan Tanaman Lompong atau Daun Talas mulai 25 Juli hingga satu bulan mendatang olahan Sebatang Daun Talas.

Menu masakan yang diolah seperti Botokan Daun Talas, Sambal daun Talas Lompong, Nasi Ubi Talas. Ia menjelaskan cara Pembuatan Nasi Ubi Talas, pertama, siapkan bahan-bahan yang akan diolah seperti, ubi talas 100gram, kelapa parut 50gram, garam secukupnya. Kedua, parut ubi talas kemudian kukus bersamaan kelapa parut, lalu taburi garam secukupnya. Selanjutnya, masak hingga matang.

Kemudian ia menjelaskan cara pembuatan botokan Daun Talas.  Pertama, siapkan bahan-bahan seperti,  daun talas ukuran besar 2 lembar, parutan ubi talas 50 gram, kelapa parut 50 gr, bawang Bombay 2 gram, dada ayam 25 gram, batang talas atau lompong secukupnya, air santan 50ml, telur 1 butir, cabe rawit sesuai selera, daun salam, daun jeruk, dan tomat secukupnya. Kedua, siapkan bumbu yang akan di haluskan seperti, bawang merah 10 gram, bawang putih 10 gram, cabe merah 50 gram, jahe 2 gram, lengkuas 2 gram, lada, garam, gula, saus tiram secukupnya.

Ketiga, siapkan daun talas, letakan daun salam, daun jeruk, cabe rawit, tomat secara terpisah karena tidak di haluskan. Keempat, campurkan semua bahan-bahan dan bumbu yang di haluskan. Kelima, tuangkan semua bahan yang sudah tercampur kemudian bungkus dan kukus sampai matang.

Selanjutnya, chef Ervin menjrlaskan cara pembuatan sambal Daun Talas Lompong.  Pertama, siapkan bahan-bahan seperti, tempe 10 gram, Batang talang 20 gram, bawang merah dan bawah putting sebanyak 2 gram, cabe rawit 30 gram, kencur 2 gram, daun salam dan daun jeruk secukupnya, ketumbar dan jiten 2 gram, lada, garam, gula, saus tiram secukupnya, air santan 50 ml. Kedua, bahan-bahan yang sudah di siapkan di rebus jadi satu hingga lunak. Selanjutnya, sisihkan bawang merah dan bawang putih, cabe rawit. Keempat,  haluskan kencur masukan kembali ke dalam rebusan tempe dan batang talas terakhir tuangkan santan. Lalu olah hingga matang.

Ditemani dengan minuman jahe tentunya menambah krnikmatan menyantap hidangan yang penuh manfaat tersebut. “Untuk manfaat dari tanaman lompong atau daun talas sendiri sangat banyak diantaranya, sangat Baik untuk Pencernaan. Menstabilkan Tekanan Darah. Mengurangi Rasa Kelelahan. Cadangan Energi Dalam Tubuh. Menyehatkan Jantung. Dan menambah Kekebalan Tubuh Menjadi Lebih Kuat,” pungkasnya. (nisa)

 

Check Also

Perlu Olahraga dalam Mengurangi Stres Bekerja 5

Perlu Olahraga dalam Mengurangi Stres Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.