Iklan Baris Anda
Home / Mobil / Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 1

Surabaya, (bisnisnasional.com) – Mendengar kata Baleno tentu mengingatkan kita sebuah mobil sedan buatan Suzuki yang populer di pertengahan tahun 90 an sampai awal 2000 an lalu. Setelah sempat lama menghilang, pada ajang GIIAS 2017 tahun lalu Baleno kembali hadir namun dengan perubahan yang signifikan dari desain awal.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 2

Kali ini kami tim bisnisnasional.com berkesempatan mereview Baleno generasi baru yang mengusung model hatchback 5 penumpang. Mobil berwarna merah tersebut kami jajal di hampir semua kondisi jalan, saat kami terjebak di kemacetan, di dalam mobil kami merasa nyaman karena sejuknya AC merata ke seluruh kabin. Asyiknya nih, tampilan AC Baleno ini sudah full digital. Keren…

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 3

Belum lagi sistem audionya, mengadopsi LCD 7 inch yang tentunya sangat berguna untuk hiburan saat berkendara. Layar LCD ini pun bisa terkoneksi dengan bluetooth audio maupun telepon. Jadi saat berkendara namun ada panggilan masuk tak perlu repot mengangkat smartphone. Cukup gunakan tombol yang tersedia pada area kemudi.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 4

Panel speedo meternya mewah tampilannya bagus dan full color. Diantara panel speedo meter dan tachometernya terdapat layar LCD dengan berbagai informasi tentang kondisi mobil saat dikendarai. Layar LCD ini biasa disebut MID (Multi Information Display). Uniknya, pada layar MID ini saat posisi default akan tersaji menu tampilan Torque dan Power yang dinamis mengikuti injakan gas yang kami tekan saat berkendara.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 5

Satu lagi yang menurut kami menarik yakni setir Baleno ini bisa diatur ketinggiannya lho.. Kami bisa men-setting tinggi rendah maupun bisa ditarik kebelakang sesuai kebutuhan. Fitur ini dinamakan tilt up dan telescopic steering. Jadi makin nyaman aja mengemudi Baleno dalam waktu yang cukup lama.

Saat Baleno ini kami bawa keluar kota, rasanya nyaman sekali, seolah mengemudi sedan. Jok nya empuk dan tebal, tidak membuat cepat lelah. Sandaran kepala pun dibuat cukup tinggi. Ditambah lagi jok pengemudi bisa diatur tinggi rendahnya. Wah… canggih nih.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 6

Untuk bangku penumpang pun rasanya nyaman dan luas. Tak perlu geser badan jika ingin selonjoran, karena ruang kaki masih lebar. Bagasi nya pun luas, untuk perjalanan luar kota yang tentunya membawa banyak barang bawaan pun tentu sanggup ditampung oleh si Baleno ini.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 7

Sepanjang perjalanan luar kota yang tentunya melewati berbagai kondisi jalan, kami merasakan, redaman suspensinya lembut. Pada kecepatan tinggi pun saat melewati jalanan yang bergelombang, Baleno ini handlingnya mantap. Tidak terasa bodi bergetar.

Bicara soal tampilannya, Baleno ini menurut kami cukup bagus apalagi unit yang kami review kali ini berwrna merah. Desainnya agak membulat pada sudut-sudutnya, namun menurut kami desain seperti ini malah akan tahan lama. Fitur-fiturnya sudah kekinian, headlampnya berteknologi HID Projector memberikan pencahayaan yang cukup terang hingga mampu membantu pengemudi saat berkendara malam hari.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 8

Ketinggian cahaya lampu bisa disesuaikan secara manual melalui tombol yang ada di samping kanan pengemudi. Mobil ini juga sudah dilengkapi foglamp di area bumper depan. Kemudian Grille depan dibuat mengikuti alur desain headlamp berhias chrome yang memberi kesan mewah dengan logo “S” besar berada tepat di tengahnya.

Beralih kebagian belakang, jika diamati lekukan-lekukan garis bodinya terlihat rapi dan enak dipandang. Bentuk lampu belakang juga senada dengan desain bodi, terlihat pas dan kompak. Untuk unit yang kami review kebetulan sudah menggunakan lampu LED pada stoplamp nya.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 9

Menggunakan velg berdiameter 16 inch dibalut ban merk Apollo dari India. Bagi pengguna yang ingin memodifikasi tampilan kaki kakinya bisa mengupgrade velg nya dengan ukuran 2 step diatasnya agar terlihat semakin gagah.

Baleno Reborn, Dari Sedan Jadi Hatchback 10

Varian yang ada di Indonesia dijual dalam bentuk utuh atau CBU (Completely Built-Up) yang didatangkan langsung dari India oleh Suzuki. Beruntung bagi konsumen di Indonesia karena Baleno yang ada di Indonesia ini merupakan tipe tertinggi jika dibandingkan di India.

Namun meski begitu, varian yang di Indonesia tetap ada perbedaan dibanding varian luar negeri, adanya penambahan beberapa aksesoris berupa bumper lips depan dan diffuser belakang. Sehingga membuat tampilan semakin sporti. Mengusung mesin K14B, 4-silidner segaris berkapasitas 1.373 cc, 16 katup, DOHC, VVT serupa dengan milik Ertiga. (nisa/indra)

 

Foto : Indra

 

Check Also

Hyundai Kenalkan Kona di Surabaya 14

Hyundai Kenalkan Kona di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.